Rusli dan Mansur Pasande Resmi Calon Wagub Sulteng

oleh -

Dua calon wagub saat pencabutan nomor urut dengan hasil Rusli Dg. Palabi mendapatkan nomor urut 1, sementara Andi Mansur Pasande mendapatkan nomor urut 2 yang dilaksanakan di ruang utama DPRD Sulteng, Senin (27/5/2019) . FOTO : MAHFUL

PALU, SULTENGNEWS.com – Sekretaris Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) Sulteng, Rusli Dg. Palabbi dan Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sulteng Andi Mansyur Pasande, resmi ditetapkan sebagai calon Wakil Gubernur (Wagub) pengganti antar waktu periode 2016 – 2021.

Penetapan kedua calon Wagub itu, dilakukan dalam sidang paripurna DPRD Sulteng, Senin (27/5/2019) yang dihadiri lebih dari setengah anggota DPRD Sulteng.

Suasana pencabutan nomor urut calon Wakil Gubernur Sulteng di ruang sidang utama DPRD Sulteng, Senin (27/5/2019). FOTO : MAHFUL

Sidang paripurna yang dimulai sekira pukul 15.00 Wita itu, dipimpin Wakil Ketua DPRD Sulteng, Dr. Ir. Alimudin Paada serta didampingi dua wakil ketua lainnya yakni Akram dan Muharram Nurdin.

Setelah paripurna penetapan, pimpinan sidang yang juga ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur, Dr. Alimudin Paada melanjutkan acara dengan agenda pencabutan nomor urut kedua calon wagub yang disaksikan semua anggota dewan yang hadir dalam sidang paripurna.



Hasilnya, Rusli Dg. Palabbi memperoleh nomor urut 1, sementara Andi Mansur Pasande memperoleh nomor urut 2. Selanjutnya, Panlih bersama pihak secretariat dewan akan mencetak kartu suara sejumlah anggota DPRD Sulteng yakni 45 kertas suara.

Jadwal pemilihan, telah ditetapkan pada tanggal 24 Juni 2019 mendatang. Namun tanggal itu bisa saja berubah, jika Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thahjo Kumolo belum mengeluarkan keputusan terkait pengunduran diri Rusli Dg. Palabbi sebagai anggota DPRD Sulteng periode 2014 – 2019.

“Kalau Mendagri sudah mengeluarkan keputusan terkait pengunduran diri bapak Rusli Dg. Palabi sebelum tanggal 24 Juni, maka pemilihan calon wagub tidak akan bergeser yakni tetap tanggal 24 Juni 2019. Namun jika sampai tanggal itu, belum ada keputusan mendagri, maka jadwal pemilihan akan diundur dan waktunya akan ditetapkan kembali,” ujar salah satu unsur pimpinan Panlih, Muharram Nurdin kepada sejumlah wartawan usai sidang paripurnah.

Rusli Dg. Palabbi yang ditemui usai paripurna, mengaku dirinya sangat optimis bisa mendapatkan dukungan dari rekan – rekannya di DPRD Sulteng untuk menduduki kursi Wakil Gubernur Sulteng.



“Saya tidak memasang target berapa suara yang harus saya peroleh, namun saya sangat yakin kawan – kawan semua akan memberikan dukungannya kepada saya,” ujar Rusli optimis.

Sementara Andi Mansur Pasande, juga mengungkapkan rasa optimisnya akan mendapatkan dukungan dari anggota DPRD Sulteng. Meski dia tidak memiliki kedekatan secara emosional dengan anggota DPRD Sulteng, karena dia bukanlah anggota dewan. Namun dia meyakini, dalam politik semua bisa terjadi.

“Ya kita berdoa saja, semoga anggota DPRD Sulteng memberikan dukungan kepada saya,” ujarnya singkat. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *