Bawaslu Gandeng IAIN Sosialisasi Pengawasan Pemilu

oleh -

Keterangan Foto :

Usai penandatanganan Memorandum Of Understansing (MoU) kerjasama penguatan sosialisasi pengawasan pemilihan umum di Sulteng antara Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulteng dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Auditorium IAIN Palu, Selasa 13 Maret 2018.

PALU, SULTENGNEWS.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulteng menggandeng Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Sulawesi Tengah untuk kerjasama penguatan sosialisasi pengawasan pemilihan umum di Sulteng, Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understansing (MoU) di Auditorium IAIN Palu, Selasa 13 Maret 2018.

Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husein mengatakan, Bawaslu sangat membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, pemerintah termasuk perguruan tinggi untuk turut serta mewujudkan demokrasi yang berkualitas, jujur, adil dan bermoral.

“Kesempatan ini merupakan kelanjutan dari desain kerjasama periode sebelumnya, dengan gagasan serupa,” ungkap Ruslan Husein, di IAIN Palu.

Dikatakan, kerjasama antara dua lembaga tersebut diharapkan dapat menjadi dasar dari IAIN Palu untuk turut serta memberikan pemahaman kepada stakehoulder dan seluruh komponen masyarakat dalam pembinaan dan sosialisasi yang berdampak baik terhadap peningkatan pengawasan Pemilu.

“Keberadaan Bawaslu tidak ada apa-apanya bila tidak ada partisipasi aktif dari masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan demokrasi yang bermartabat, jujur, adil dan bermoral,” ujarnya.

Dia menjelaskan, salah satu lembaga penyelenggara pemilu yang dipimpinnya memiliki fungsi pencegahan dan penindakan yang diberikan oleh negara lewat ketentuan perundang-undangan dan  jauh lebih baik bila dapat dimaksimalkan pembinaan dengan  pengawasan untuk meminimalisir kecurangan, penyimpangan dalam pemilu sehingga tidak berdampak pada penindakan.

Hal yang sama dikatakan Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi M.Pd, ia  mengapresiasi Bawaslu atas terbangunnya komitmen untuk kerjasama mewujudkan demokrasi yang berkualitas lewat fungsi kelembagaan.

Dia juga mengatakan, Bawaslu merupakan salah satu lembaga penyelenggara pemilihan umum yang sangat penting dalam mewujudkan kualitas pemilu yang baik.

“Alhamulillah kita bekerjasama dengan Bawaslu, salah satu lembaga atau badan yang sangat penting keberadaannya dalam penyelenggaraan pemilu, Bawaslu salah satu tugasnya untuk melakukan pengawasan dalam setiap proses demokrasi meliputi pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif dan pemilihan umum,” katanya.

Prof Sagaf Pettalongi menyatakan, IAIN Palu bersedia untuk membantu Bawaslu Sulteng dalam mewujudkan demokrasi yang bermoral, bermartabat, berkualitas dilandasi dengan keadilan dan kejujuran dalam prosesnya dan IAIN Palu menunggu tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman dalam bentuk kegiatan konkrit di masyarakat.

Lebih Lanjut Prof Sagaf Pettalongi menilai,  kerjasama dua lembaga tersebut merupakan salah satu upaya dari Bawaslu untuk memberikan pendidikan demokrasi yang berkualitas kepada mahasiswa.

“Kerjasama ini secara langsung telah meminta kepada kita semua civitas akademik, kepada mahasiswa lebih khusus kepada tokoh-tokoh mahasiswa untuk terlibat secara partisipati dalam pemilihan umum. Itu juga sebagai bagian dari pembelajaran demokrasi,” terangnya.

IAIN Palu bersama  penyelenggara pemilu bersedia mewujudkan peningkatan kualitas demokrasi dari setiap proses, sehingga memberikan hasil yang maksimal terhadap penyelenggaraan politik dan pemerintahan.SN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.