Wali Kota Palu Buka Ekspos Hasil Pemuktahiran Data Gender dan Anak di Kota Palu

oleh -
Wali Kota Palu
Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid, S.E membuka Ekspose Hasil Updating/Pemukhtahiran Data Gender dan Anak Tahun 2023, Selasa (14/11/2023). FOTO : HUMAS PEMKOT PALU

PALU, SULTENGNEWS.COM – Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid, S.E membuka Ekspose Hasil Updating/Pemukhtahiran Data Gender dan Anak Tahun 2023, Selasa (14/11/2023).

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu Balai Kota Timur.

Hadir mendampingi Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palu Yudhi Riyani dan pejabat lainnya.

Wali Kota Palu menyampaikan sebagaimana kita ketahui data dan informasi memiliki peran sangat krusial dalam berbagai tahap pembangunan.

“Adapun tahap pembangunan yang di mulai dari perencanaan hingga evaluasi program,” ucapnya.

Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010 menekankan pentingnya penggunaan data dan informasi dalam menyusun rencana pembangunan daerah.

“Hal ini mencakup aspek geografis kesejahteraan masyarakat pelayanan umum dan daya saing daerah,” ujarnya.

Sebutnya, dalam konteks ini penyusunan profil data gender dan data anak menjadi langkah awal yang strategis untuk merancang kebijakan dan program pembangunan inklusif terutama pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Data terpilah yang akurat dan akuntabel merupakan dasar utama untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pembangunan khususnya terkait dengan Isu gender dan anak,” katanya.

Diketahui, dalam perspektif gender penyediaan data terpilah menurut jenis kelamin menjadi landasan menghasilkan statistik gender mencerminkan pengalaman hidup perempuan dan laki-laki.

“Data ini tidak hanya relevan untuk isu gender tetapi juga mencakup isu anak memungkinkan pengusunan kebijakan dan program pembangunan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” ucapnya menambahkan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.