Waspada..!! Virus Corona Dikabarkan Sudah Masuk Sulteng

oleh -

Inilah WNA asal Prancis yang dikabarkan terjangkit virus corona saat di rawat di RS Ampana dan dikabarkan di rujuk ke RS Undata. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Warga Sulawesi Tengah (Sulteng), kini harus benar – benar waspada, karena virus corona dikabarkan sudah masuk ke Sulteng.

Kabar ini beredar melalui group WhatsApp yang menyebutkan, ada satu pasien Warga Negara Asing (WNA) asal Prancis yang berlibur di Pulau Togean, Kabupaten Tojo Una – Una (Touna) masuk rumah sakit di Ampana, karena diduga terinfeksi virus corona.




Beredarnya informasi ini, berawal dari berita yang ditayangkan salah satu media online pada pukul 20.00 Wita malam ini. Berita ini sontak membuat ramai group WhatsApp karena kabarnya, WNA asal Prancis itu sedang dalam perjalanan dari Ampana ke RS Undata di Palu.

Bahkan dalam perbincangan group WhatsApp sudah menyebutkan bahwa pasien WNA dari Ampana itu, kini sudah di rawat di RS Undata di ruang isolasi Dahlia.

Namun saat wartawan sultengnews.com mengkonfirnasi kabar itu kepada Dokter yang bertugad di ruang IGD Undata mengaku, belum ada pasien yang terjangkit virus corona dirujuk ke Undata malam ini.




“Belum ada pasien dari Ampana yang masuk di Undata ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan, jika pun ada pasien dari RS daerah yang lain, itu pasti melalui Sistem Informasi Rujukan Terintegritas (Sirut) sebagai informasi rujukan dari daerah ke RSUD Undata.

“Yang pasti, RSUD Undata belum menerima pasien masuk dalam rujukan soal virus corona,” tandas dokter yang tidak mau menyebutkan namanya itu.

Sirut adalah sistem rujukan antara rumah sakit se Provinsi Sulawesi Tengah. Sebelum merujuk pasien akan di Informasikan melalui kisrut.

“Nanti besok saja ketemu dengan team khusus penanganan medis soal virus corona, saya tidak masuk dengan team itu, nanti tanya langsung saja dengan team tersebut,” imbuhnya.




Sementara itu, salah satu perawat yang juga tidak ingin disebutkan namanya, mengungkapkan, sampai sekarang belum ada persiapan apa-apa, kalau sudah datang pasien terjangkit virus corona pasti pasien yang lain akan kami isolasi.

“Kita hanya pelayan, kami belum bisa kasi pernyataan soal itu, rujukan pasti langsung ke perawat karena sekarang kan sistem online,” tutupnya.

Hingga berita ini ditayangkan, redaksi sultengnews.com masih terus mencari informasi kebenaran pasien WNA yang diduga terjangkit virus corona itu. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *