Warga Pulau Karampuang ‘Serbu’ Posko Tim Medis NasDem di Sulbar

oleh -
Tim Medis DPW NasDem Sulawesi Tengah saat melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada pengungsi di Dusun Batubera, Desa Karampuang, Pulau Karampuang, Kecamatan Mamuju, Sabtu (23/1/2021). FOTO : IST

MAMUJU, SULTENGNEWS.COM – Tim Medis DPW NasDem Sulawesi Tengah buka layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Dusun Batubera, Desa Karampuang, Pulau Karampuang, Kecamatan Mamuju, Sabtu, 23/01/2021.

Sejak dibuka layanan, sekira pukul 09:00 Wita, warga berdatangan untuk memeriksakan kesehatan bahkan nyaris tak berhenti. Bahkan, saat tim medis mengemasi peralatan sekira pukul 12:15, masih ada warga yang datang, sehingga tim harus membuka kembali peralatan medisnya.

“Luar biasa, dari 93 KK, yang datang sekitar 100 orang,” kata Dokter Herdyansyah Usman, Ketua Tim Medis DPW NasDem Sulawesi Tengah, Sabtu, 23/01/2021.

Dari hasil pemeriksaan oleh Dokter Herdyansyah Usman, didampingi perawat Akkas Makassau dan Usman, serta empat  Tim Rescue Garda Pemuda NasDem, kebanyakan warga mengalami gatal-gatal, baik usia dewasa maupun anak anak. Selain itu juga banyak yang menderita hipertensi untuk warga usia 40 tahun keatas.

“Untuk penyakit gatal gatal kulit, umumnya disebabkan pola hidup yang kurang sehat, baik di keluarga maupun di lingkungan. Sedangkan hipertensi atau yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi, nampaknya karena faktor pengelolaan psikis warga, yang mayoritas bekerja sebagai nelayan ini,” terang Dokter Herdy.

Penyakit lain yang juga banyak dikeluhkan warga adalah batuk, flu dan panas.

Pada kegiatan ini, Tim Medis juga menyerahkan alat medis ke puskesmas pembantu setempat, serta sejumlah paket  sembako untuk warga yang diterima Kepala Dusun Batubira, Arman.

Selain itu, Tim Medis juga mengedukasi warga tentang Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS), agar warga tidak hanya tahu tetapi juga sadar akan pentingnya menerapkan PHBS, baik dalam rumah maupun lingkungan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *