Warga Huntap Tondo I Datangi BPPW Keluhkan Masalah Kekurangan Air

oleh -
Warga Huntap Tondo I saat audiens bersama Kepala BPPW Sulteng. FOTO : IST

PALU,SULTENGNEWS.COM – Sejumlah warga yang tinggal di Hunian Tetap (Huntap) Tondo I Kelurahan Tondo, mendatangi kantor Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawei Tengah. Kedatangan warga ini berkaitan dengan kurangnya ketersediaan air yang ada di Huntap Tondo I. Untuk kesekian kalinya warga Huntap Tondo I mengeluhkan hal tersebut.

Kedatangan warga ini juga langsung diterima Kepala BPPW, Ferdinand Kana Lo, ST MT diruang rapat. Ketua RT I Huntap Tondo I, Aslian Laparigi SH mengatakan permasalahan kehadiran sejumlah warga ini menyangkut ketersesdiaan air bersih yang hingga saat ini belum menemui titik terang.

“Makanya itu kita minta kepada pihak PUPR, seperti yang disampaikan kemarin mereka menjanjikan dan memfasilitasi adanya air itu sendiri,”ujar Ferdinand, kepada sultengnews (20/09/2021).

RT I Huntap Tondo, Aslian mengatakan, air diwilayahnya itu mengalir dalam sehari hanya 2 kali saja. Ada dua kendala kesulitan air yang dialami warga setempat. Diantaranya air yang keruh jika turun hujan dan debit air yang kurang.

Hingga kini, menurut Aslian, ketersediaan air belum jalan sebagai mana mestinya seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya. Sementara itu dalam pertemuan dengan kepala BPPW, kedua bela pihak berencana akan melaksanakan pertemuan dengan PDAM Kota Palu.

“Besok mau rapat lagi dengan PDAM sama pihak PUPR. Kita berharap pertanggungjawabannya bisa membantu kami untuk ketersediaan air itu sendiri. Hasil dari pertemuan tadi, titik temunya akan diselesaikam, artinya ada pompa dan alat alat yang rusak akan diperbaiki PUPR,”ucap Aslian.

Selain itu, permasalahan lainnya, kata Aslian, terdapat satu titik pompa air masih mengalami kerusakan. Untuk itu dia meminta kepada pihak PDAM Kota Palu dan BP2W untuk memfasilitasi perbaikannya.

“Alhamdulillah, dari pihak Balai itu mengatakan besok sudah akan diperbaiki. Itulah yang dikekuhkan warga sekarang,”sebutnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPPW, Ferdinand Kana Lo ST MT mengucapkan permohonan maaf atas penaganan air di Huntap Tondo I. Bahkan dia menargetkan akan mengatasai permasalahan itu minggu ini. Diungkapkannya, ada dua sumber air yang mengalir, diantaranya dari sungai Poboya dan Vatutela.

“Ini kan kalau hujan diatas, mereka (PDAM) kewalahan. Jadi nanti kita atur pertemuan dengan mereka,”terangnya.

Setelah pertemuan itu selesai, pihak BPPW kemudian mengirimkan dua unit mobil tangki air untuk warga RT I hingga RT 3. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.