Warga Buol Positif Corona Tidak Benar, Ini Penjelasan Pemprov Sulteng

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Haris Kariming, membantah pemberitaaan salah satu media online yang menyebutkan satu pasien di Kabupaten Buol dinyatakan positif virus Corona.

Dalam pemberitaan salah satu media online yang dilansir Selasa (31/3/2020) menyebutkan, Baru Tiba dari Tarakan, Satu Pasien Dinyatakan Positif di Kabupaten Buol.

Terkait hal tersebut, Pemprov Sulteng mengumumkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tolitoli bahwa pasien dari Kabupaten Buol tersebut tidak benar positif Corona.

“Hasil konfirmasi saya dengan Pemda Buol bahwa yang bersangkutan baru berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) setelah dilakukan Rapid Test,” terang Haris Kariming dalam pengumumannya yang disebar melalui WhatsApp Group (WAG), Selasa (31/3/2020) malam.

Haris menjelaskan, sesuai informasi bahwa hasil rapid test yang dilakukan terhadap pasien tersebut benar positive ada virus. Namun belum dapat dipastikan bahwa itu Covid-19 atau Virus Corona.

“Karena untuk dapat dinyatakan positive Covid-19, harus melalui tes laboratorium di Puslitbangkes Kemenkes RI di Jakarta atau Makassar,” jelasnya sebagaimana dilansir jurnalnews.id jejaring sultengnews.com

Untuk diketahui kata Haris, pemeriksaan rapid test hanya merupakan langkah untuk melihat sistem kekebalan tubuh melalui pembentukan antibodi, bukan untuk menentukan apakah positif atau negatif Corona.

Haris juga menjelaskan, kenapa pasien tersebut harus dibawa ke RSUD Mokopido Tolitoli. “Karena RSUD Mokopido adalah salah satu dari lebih 100 Rumah Sakit Rujukan untuk penanganan wabah Covid-19 di Indonesia,” jelasnya.

Ia berharap, masyarakat tidak panik dan tidak cemas dengan beredarnya pemberitaan tersebut. “Mari kita doakan agar Tim Medis yang akan menangani PDP dari Buol ini diberikan kesehatan, kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan tugasnya,” tutup Haris.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pusdatina Corona Virus Disease (Covid)-19 Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng merilis data terbaru kasus Covid-19, Selasa (31/3/2020) Pukul 16.00 Wita.

Data terbaru tersebut menyebutkan, terdapat kasus baru Pasien Dalam Pengawasan (PDP) satu orang di Kabupaten Buol. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *