Warga Binaan Di Sulteng 75 Persen Telah Divaksin Covid-19

oleh -
Vaksinasi kepada warga binaan. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM- Penghuni lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Sulawesi Tengah telah divaksin covid-19 tahap kedua, dengan tingkat pencapaian sudah berada diangka 75 persen.

Sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, Budi Argap Situngkir.

“Sudah mencapai 75 persen hingga tahap kedua dan semua narapidana bersedia untuk divaksin. Tidak ada yang menolak,” kata Budi kepada SultengNews.com beberapa waktu lalu.

Kemudian, dia melanjutkan, pada tahap-tahap awal vaksinasi lapas dan rutan di Sulawesi Tengah memang mengalami kendala pada kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Namun kemudian, Kemenkumham Sulawesi Tengah membangun kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu untuk memenuhi kebutuhan e-KTP para warga binaan.

Para narapidana pun menjalani perekaman e-KTP di lapas dan rutan di masing-masing daerah.

“Kendala soal KTP tidak ada lagi karena kami dibantu pihak Disdukcapil untuk melengkapi administrasi kependudukan para warga binaan,” sebut Budi.

Selanjutnya, Budi menjelaskan, belum semua warga binaan bisa di suntik vaksin covid-19 karena memiliki penyakit bawaan.

“Saat dilakukan pemeriksaan ternyata ada penyakit bawaan sehingga tidak memungkinkan untuk divaksin,” ungkapnya.

Katanya menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi, Kemenkumham telah menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan TNI/Polri.

“Mereka menyediakan vaksin dan membantu melakukan penyuntikan,” sambung Budi.

Budi mengharapkan, agar pelaksanaan vaksinasi di lapas dan rutan bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala.

“Kita harapkan bukan hanya para warga binaan yang divaksin tetapi juga keluarga mereka juga sudah divaksin agar capaian vaksinasi meningkat,” harap Budi.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.