Wapres Minta Seluruh Hambatan Penyelesaian Rehab Rekon Bancana Sulteng Segera Diselesaikan

oleh -
Wakil Presiden RI, Dr. KH. Ma'ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin saat tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu sekira pukul 11.30 Wita dengan pesawat khusus kepresidenan yang dijemput langsung Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura bersama Vera Rompas Mastura. FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Wakil Presiden (Wapres) RI, Dr. KH. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin bersama satu mentri dan dua Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (6/1/2022).

Wapres Ma’ruf tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu sekira pukul 11.30 Wita dengan pesawat khusus kepresidenan.

Rombongan Wapres terdiri dari Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Wakil Menteri ATR/BPN Dr. Surya Tjandra SH, LLM, Wakil  Menteri PUPR John Wempi SH, MH.

Kunker Wapres di Sulteng bertujuan untuk melihat secara langsung sudah sejauh mana progres Rehabilitasi dan Rekonstruksi dampak bencana Sulawesi Tengah, 28 September 2018 lalu.

Setibanya rombongan Wapres RI di Kantor Gubernur, langsung dijemput Wakil Gubernur Drs. Mamun Amir. Selanjutnya, Wapres bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan mendengarkan laporan Perkembangan Progres Rehab dan Rekon dampak Bencana Sulawesi Tengah di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng.

Dalam Pertemuan tersebut, Wapres RI KH. Ma’ruf Amin meminta agar seluruh hambatan yang terjadi akibat permasalahan tanah agar dapat diselesaikan.

Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi sudah mengalokasikan anggaran sesuai dengan permintaan bupati dan Wali Kota Palu dengan alokasi anggaran sebesar Rp61,8 Miliar.

Namun kata gubernur, Bupati Donggala sampai dengan saat ini belum melengkapi persyaratan pencairannya dan semua permasalahan yang ada akan segera dapat diselesaikan bersama Wali Kota Palu.

Gubernur H. Rusdy Mastura juga menyampaikan bahwa perlu ada payung hukum untuk percepatan Rehab dan Rekon dampak bencana, sehingga diminta agar Inpres Perpanjangan Masa Rehab dan Rekon dapat segera diterbitkan.

Menanggapi hal itu, Wapres KH. Ma’ruf Amin menyampaikan dirinya akan menyampaikan hal tersebut kepada Presiden RI agar segera bisa diterbitkan inpres baru untuk percepatan Rehan dan Rekon dampak Bencana Sulawesi Tengah.

“Saya meminta agar segera dituntaskan permasalahan tanah Huntap Tondo II. Kalau tidak dapat diselesaikan, agar Huntap relokasi dapat dibangun di Pombewe, serta dibuatkan larangan untuk pembangunan Rumah Hunian pada Zona Merah,” pinta Wapres.

Wapres RI juga menegaskan, masyarakat tidak bisa terlalu lama menunggu kepastian hunian yang mereka butuhkan.

Setelah selesai rapat, Wapres KH. Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura meninjau kondisi Huntap Tondo I yang dibangun Yayasan Budha Suzhi dan lokasi pembanguna Huntab Tondo II.

Saat meninjau lokasi Tondo II, Wapres bersama gubernur, menteri dan rombongan berkenan melakukan penanaman pohon.

Selanjutnya, Wapres bersama rombongan mengunjungi Pondok Pasantren AlKhairat Palu untuk melakukan ziarah dan melakukan pertemuan dengan Pengurus Alkhairat . ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.