Walikota Palu : Penanganan Covid-19 Butuh Kerjasama Semua Pihak

oleh -
Wali Kota Palu, H Hadianto Rasyid SE saat menjadi salah satu narasumber pada acara dialog dalam studio yang dilaksanakan RRI Pro 1 melalui zoom meeting, Rabu (4/8/2021). FOTO : HUMAS PEMKOT PALU

PALU, SULTENGNEWS.COM – Wali Kota Palu, H Hadianto Rasyid SE menjadi salah satu narasumber pada acara dialog dalam studio yang dilaksanakan RRI Pro 1 melalui zoom meeting, Rabu (4/8/2021).

Hadir pula sebagai narasumber Bupati Morowali Utara DR dr Delis Julkarson Hehi M.A.R.S, Bupati Banggai Ir H Amirudin Tamoreka dan moderator Roy Job Runtukahu.

Acara bertajuk “Covid-19 Melonjak Perlukah Lockdown” dilaksanakan pada Rabu 4 Agustus 2021 pukul  09.30 wita. Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Palu menyampaikan bahwa dalam penanganan Covid-19 perlunya kerjasama dari semua pihak.

Wali Kota Palu menyebutkan, penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya taat Protokol Kesehatan dan taat 5 M serta herd imunity yang harus selalu dipertahankan.

Sebagaiamana diketahui, pemerintah telah memperpanjang pelaksanaann PPKM Level 4 hingga tanggal 09 Agustus 2021, sehingga yang perlu digencarkan adalah pelaksanaan tracing.

Contact Tracing atau Pelacakan Kontak yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mencari dan memantau kontak erat dari kasus konfirmasi covid-19. Tujuannya, untuk memutus rantai penularan dan menemukan kasus sejak dini.

“Jadi tracing itu sangat penting untuk mengetahui, karena itu penting melakukan penelusuran kontak dan mengendalikan pergerakan orang yang sudah berpotensi tertular tadi,” ujar Walikota.

Dikatakan, konsep pelacakan kontak dimaksudkan untuk memberikan respons cepat ke orang yang baru atau diduga terinfeksi dan mengawasi mereka dengan cermat. Langkah ini bagian dari pencegahan penyebaran virus lebih lanjut.

Hal inilah yang menjadi dasar Pemkot Palu dalam mengetahui wilayah – wilayah mana saja yang lonjakan Covid-19 meningkat dan mendapat perhatian, sehingga gambaran itu akan memudahkan untuk melakukan evaluasi penanganannya secara cepat.

“Yang perlu kita pahami bersama, Covid-19 sudah menjadi bagian dari kita. Sehingga doa kita bersama agar pandemi ini bersama sama kita redam. Semoga Covid-19 ini segera hilang dari Kota Palu, Sulawesi Tengah dan Indonesia bahkan secara global bisa berlalu,” kata Walikota.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Palu menyampikan progres perkembangan dan penanganan Covid-19 di wilayah Kota Palu, hadir pula ketua tim surbailens Kota Palu dr Rochmat Jasin M.Kes, serta sejumlah kepala OPD. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.