Wali Kota Palu Luncurkan Layanan Program E- Parking Untuk Masyarakat Palu

oleh -
Walikota Palu saat Launching E-Parking di kantor Cabang BRI Kota Palu, Rabu (16/02/2022). FOTO: MOH NURFIANSYAH/SULTENGNEWS.COM

PALU,SULTENGNEWS.COM – Wali Kota Palu, H.Hadianto Rasyid, SE secara resmi meluncurkan program E-Parking atau parker non tunai hasil kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Palu di Kantor BRI Palu, Rabu (16/2/2022).

Pembayaran E-Parking ini, menggunakan metode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang tersedia di aplikasi mobile banking dan sejumlah ewalet seperti OVO, Gopay, Link Aja dan aplikasi dana.

Pembayaran melalui QRIS, merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia (BI) agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya dengan pembayaran non tunai.

QRIS mengintegrasikan seluruh canal pembayaran menjadi satu saja, sehingga bisa terjadi transaksi antar penyelenggara jasa keuangan.

Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid SE dalam Launching mengatakan, kerjasama Pemkot Palu melalui Dinas Perhubungan bersama BRI sudah termasuk kerja sama Smart City Palu.

“Sekian banyak kerja sama yang kita lakukan dengan harapan Kota Palu bisa menjadi kota yang Smart, maka salah satu hal yang memang harus didorong adalah kontribusi yang diberikan masyarakat melalui parkir bisa masuk ke kas daerah dan kemudian betul-betul bisa menjadi potensi penerimaan daerah yang kemudian dirasakan oleh masyarakat manfaatnya,” ujar Wali Kota.

Wali Kota mengakui bahwa hal yang dilakukan Pemkot ini, akan banyak tantangan yang harus dilalui kedepannya. Sehingga evaluasi harus dilakukan untuk penyempurnaan, agar program ini betul-betul berjalan dengan baik.

Program ini kata Wali Kota, merupakan upaya Pemkot Palu untuk mendorong masyarakat berimigrasi ke dunia digitalisasi. Sekaligus sebagai upaya Pemkot Palu menerbitkan pengelolaan penerimaan daerah, agar jangan sampai potensi penerimaan daerah ini jatuh kepada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kata Wali Kota, kejahatan bukan disebabkan karena adanya pelaku, melainkan adanya kesempatan, maka dari itu Pemkot Palu meminimalisir hal-hal demikian.

“Saya berharap launching yang dilakukan hari ini, diimbangi dengan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi yang baik, entah dari Dishub Kota Palu maupun teman-teman dari BRI bahwa baiknya melakukan transaksi digital,” tekan Walikota.

Sementara Pimpinan Cabang BRI Palu, Rirst Jacobus de Fretes pada kesempatan itu mengatakan, kerja sama antara Pemkot Palu dengan BRI ini merupakan program Smart City.

Sampai dengan tanggal 11 Februari 2022 ini, BRI Palu sudah menkriet 8.017 QRIS kalau dalam kontes E-Parking ini ada 300 QRIS di dalamnya. Jadi 300 QRIS untuk juru parkir di 57 titik di Kota Palu.

“E-Parking ini sudah ada 300 QRIS untuk 300 Juru Parkir (Jukir) seperti di warung makan, tempat-tempat wisata dan tempat – tempat keramaian lainnya, yang intinya 300 QRIS itu digunakan pada 57 titik parkir yang ada di Kota Palu,” katanya. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.