Wakil Ketua MUI Sulteng, Tanggapi Perubahan Label Halal Baru

oleh -
Wakil Ketua MUI Provinsi Sulawesi Tengah, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Penetapan perubahan label halal baru pada tanggal 1 Maret 2022 mulai berlaku, yang tertuang dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 Tentang Penetapan Label Halal sebagai pelaksanaan amanat Pasal 37 UU Nomor 33 Tahun 2014, mendapat tanggapan dari Wakil Ketua MUI Provinsi Sulawesi Tengah.

Wakil Ketua MUI Sulteng, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, mengutarakan, label baru ini mulai berlaku efektif terhitung mulai 1 Maret 2022, sebagai tanda kehalalan produk sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Prof. Dr. Sagaf menambahkan, dengan adanya perubahan logo halal baru yang diputuskan dan dituangkan melalui keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022, sebenarnya label halal baru MUI ini tidak ada yang salah.

“Sebenarnya logo halal baru MUI tidak masalah dan tidak ada yang salah,” kata Prof. Dr. Sagaf kepada SultengNews.com, Sabtu (19/3/2022).

“Kalau ada beberapa orang yang berpendapat tentang model dan tulisannya logo halal tersebut, itu hanya persoalan pandangan dan interpretasi saja dalam melihatnya. Dari sisi artistik, saya pribadi memandangnya sangat bagus, indah dan artistik juga,” sambung Prof. Dr. Sagaf.

Kemudian, Prof. Dr. Sagaf yang juga sebagai Rektor UIN Datokarama Palu ini tegaskan, perubahan logo halal itu juga seiring dengan keluarnya UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Dimana lanjut Prof. Dr. Sagaf, mengatakan, pengelolaan sertifikat halal berpindah dari MUI ke BPJPH, akan tetapi substansi dan kewenangan sebenarnya masih tetap berada di Majelis Ulama Islam (MUI).

“Misalnya dalam UU tersebut disebutkan bahwa MUI memiliki tugas dan kewenangan pada tiga hal penting, yaitu pertama Sertifikasi auditor halal, kedua, Penetapan kehalalan Produk (fatwa kehalalan Produk), serta yang ketiga, Akreditasi Lembaga Penjamin Halal (LPH),” sebut Prof. Dr. Sagaf.

“Jadi, BPJPH dalam hal ini, pemerintah hanya mengelolah sertifikatnya saja,” tutup Prof. Dr. Sagaf.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.