Wagub Tinjau Desa Dondo, Berikan Ide Solusi Atasi Banjir

oleh -
Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng, Drs. H. Ma'mun Amir dan Kepala BPBD Sulteng, Drs. Moh. Haris meninjau Desa Dondo, Kecamatan Balantak Selatan, Kabupaten Banggai pada Jum'at siang (1/4/2022). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

BANGGAI, SULTENGNEWS.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng, Drs. H. Ma’mun Amir dan Kepala BPBD Sulteng, Drs. Moh. Haris meninjau Desa Dondo, Kecamatan Balantak Selatan, Kabupaten Banggai pada Jum’at siang (1/4/2022).

Peninjauan ini adalah penugasan dari Gubernur Sulteng Rusdy Mastura kepada Wagub Ma’mun Amir untuk mencari solusi efektif atas bencana banjir di desa tersebut awal Maret lalu.

Tiba di lokasi, rombongan langsung meninjau beberapa titik banjir dan berdialog dengan Kepala Desa (Kades).

Kades melaporkan, setelah genangan air surut, warga langsung membersihkan rumah masing-masing dari endapan lumpur. Sementara bantuan-bantuan dari dinas terkait, juga sudah disalurkan merata ke warga terdampak.

Dalam kesempatan itu, Wagub mengatakan bahwa masalah banjir ini adalah tugas besar pertama Kepala BPBD yang baru.

“Ini ujian pertama Kepala BPBD, jadi harus tuntas,” ujar Wagub ke Kepada Kepala BPBD Provinsi Sulteng, Moh. Haris.

Setelah mengobservasi lokasi banjir, Wagub memberi beberapa solusi penanganan salah satunya meminta kades menginventarisir lahan-lahan warga di sekitar bantaran sungai Dondo yang meluap untuk rencana pembebasan.

“Supaya bisa kami hitung kebutuhannya,” jelasnya untuk rencana pelebaran sungai Dondo yang melewati desa itu.

Setelah memperhatikan saluran-saluran air yang ada, Wagub menyimpulkan bahwa penyebab banjir salah satunya akibat penyumbatan sewaktu hujan berintensitas tinggi terjadi.

Sehingga sarannya, dilakukan pembersihan saluran dan diikuti pelebaran serta pemasangan box culvert supaya air mengalir lancar. Wagub juga minta dibuat konstruksi groundsill pada sungai dan bak kontrol.

Dengan langkah-langkah ini, selain diharap mampu mengatasi banjir juga dapat menambah nilai guna sungai Dondo sebagai spot rekreasi warga.

“Harapan saya Insya Allah tidak ada banjir lagi,” pungkasnya.

Turut mendampingi Wagub Ma’mun Amir, Wakil Ketua TP PKK Sulteng Ny. Hj. Halimah Ma’mun Amir.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.