Wagub Sulteng Hadiri Pelantikan Pengurus KONI Sulteng Periode 2021 – 2025

oleh -
Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. Mamun Amir saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus KONI Sulteng Periode 2021-2025 di Hotel Sutan Raja pada Selasa, (9/11/2021). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs. Mamun Amir menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulteng Periode 2021-2025 di Hotel Sutan Raja pada Rabu, 10 November 2021.

Pelantikan ini dihadiri langsung Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan jajaran pengurus KONI Pusat lainnya, Unsur Forkopimda Provinsi Sulteng, Ketua TP.PKK Provinsi Sulteng Dr. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si, Wakil Ketua TP.PKK Provinsi Ibu Halima Mamun.

Setelah dikukuhkan sebagai ketua dan pengurus KONI masa Bhakti 2021-2025, ketua KONI Sulteng Nizar Rahmatu, S,Sos, M.Si, menyampaikan bahwa prestasi olahraga adalah harga diri dan kebanggaan.

Jajaran Pengurus KONI Sulteng saat dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman di Hotel Sutan Raja, Selasa (9/11/2021). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

Motivasi serta dorongan dari Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura dan Wakil Gubernur Drs. Mamun Amir, merupakan sprit dan dorongan yang membuat prestasi olah raga melahirkan sejarah baru pada penyelenggaraan PON XX Papua, serta menyengsong Sulteng Emas pada PON XXI Tahun 2024 di Medan dan Aceh dengan mempersiapkan diri menjadi tuan rumah PON XXII Tahun 2028 Sulawesi Tengah – Gorontalo.

“Pembinaan cabang olahraga unggulan, akan dilakukan pembinaan secara serius. Sesuai target, ada 10 cabang olah raga ditambah 1 sepak bola yang menjadi cabang unggulan yang akan dibina untuk meraih medali Emas pada PON XXI Tahun 2024 di Medan dan Aceh,” ujar Nizar M. Rahmatu.

Sementara Ketum KONI Pusat, Letnan Jenderal (Purn) Marciano Norman dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh komunitas Olah Raga Sulawesi Tengah yang sudah memilih Ketua dan Pengurus KONI Provinsi Sulteng.

Ketum KONI Pusat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh KONI Provinsi Sulteng pada PON XX Tahun 2021 di Papua. Bahkan pensiunan Jendral TNI ini juga sangat mengapresiasi program Sulteng Emas yang akan dicapai pada PON XXI Tahun 2024 di Medan dan Aceh, termasuk pengajuan sebagai calon tuan rumah pelaksanaan PON XXII Tahun 2028 Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

“Saya minta KONI Provinsi Sulteng fokus untuk membina cabang olahraga unggulan yang ada di Provinsi dan mengapresiasi pernyataan Ketua KONI Provinsi Sulteng bahwa prestasi olahraga adalah Harga Diri dan Kebanggaan Daerah,” ujarnya.

Sementara Wagub Sulteng, Drs. Ma’mun Amir dalam sambutannya menyampaikan salam hangat dari gubernur karena tidak dapat dihadiri, sebab gubernur berada di Jakarta untuk mendampingi keluarga Tombolotutu menerima penganugrahan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI.

Wagub menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan pelantikan dan pengukuhan pengurus KONI Sulteng masa bhakti 2021-2025 dan mengucapkan selamat kepada seluruh penguruh yang terpilih atau yang telah diberikan kepercayaan selaku pengurus KONI Provinsi Sulteng agar dapat menjalankan tugas keorganisasian lima tahun kedepan dengan berbagai perbaikan, penyempurnaan dan revitalisasi dibidang keolahragaan di daerah.

“PON di Papua menjadi bukti prestasi olahraga Sulteng yang dicapai, namun harus tetap dilakukan perbaikan dan pembinaan untuk dapat meraih prestasi yang lebih tinggi,” ujar Wagub.

Olehnya, Wagub meminta pengurus KONI Sulteng yang baru bersama dengan stakeholder, mitra kerjanya agar lebih serius agar kekurangan dan keterbatasan dalam hal pembinaan prestasi olahraga dapat teratasi.

Sebagai langkah awal yang perlu dilakukan kata Wagub, yakni memantapkan keberadaan bidang – bidang pembinaan yang ada dalam kepengurusan KONI Sulteng, maupun dalam kepengurusan KONI kabupaten/ kota bersama dengan pengurus cabang-cabang olahraga, agar tercipta pola pembinaan yang tepat dan terarah, serta terus melakukan evaluasi dan pembenahan secara menyeluruh baik pada level teknis maupun manajemen organisasi.

Lebih jauh Wagub menyampaikan, perlu perbaikan secara menyeluruh dalam bidang pembinaan dan mengharapkan kepada kabupaten dan kota se – Sulteng, sudah harus memiliki cabang olahraga yang di unggulkan, yang nantinya bisa diikutkan pada setiap ivent olahraga.

“Bagaimana cara kita untuk mendapatkan bibit-bibit baru yang berpotensi, karena setahu saya, lahirnya atlet berprestasi bukan hanya berasal dari perkotaan, akan tetapi di desa-desa pun begitu banyak sumber daya manusia yang bisa kita jadikan atlet berprestasi, asalkan kita mampu membina secara baik, yang didukung dengan fasilitas olah raga yang baik pula,” terang Wagub.

Wagub juga berharap kepada semua pengurus KONI Sulteng bersama stakeholder terkait lainnya, dapat saling membantu dan mendukung agar tercipta pusat-pusat pelatihan olahraga di daerah yang nantinya dapat meningkatkan prestasi olah raga.

“Mudah-mudahan, perjuangan kita semua untuk menjadikan Provinsi Sulteng sebagai tuan rumah penyelenggara PON ke-22 tahun 2028 dapat terwujud, yang deklarasinya akan dilakukan dan peluncuran Program Sulteng Emas PON XXI Tahun 2024,” tandas Wagub.

Diakhir sambutannya, Wagub menyampaikan bahwa Gubernur Sulteng sudah mengeluarkan rekomendasi tentang persetujuan dan kesiapan tuan rumah PON ke-XXI Tahun 2028 Sulawesi Tengah – Gorontalo, agar mendapat persetujuan. FUL/*

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.