Wagub Sulteng Didampingini Inspektorat Lakukan Pemeriksaan Akhir Masa Jabatan Bupati Tojo Una-una

oleh -
Wakil Gubernur Sulteng, Dr. H Rusli Baco Dg Palabbi, SH.,MH bersama Kepala Inspektorat Provinsi Sulteng, Mohammad Muchlis. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Dr. H Rusli Baco Dg Palabbi, SH.,MH bersama Inspektorat Provinsi Sulteng lakukan pemeriksaan akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tojo Una-una, periode 2015 – 2020, Kamis (26/11/2020).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh keyakinan terhadap pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bupati dan Wakil Bupati Tojo Una-una periode 2013-2018,”ungkapnya Wagub.

Dalam kesempatan tersebut, wagub mengingatkan kepada Pjs Bupati Tojo Una-una agar selalu mengkampanyekan protokol kesehatan dengan gerakan 3 M dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Pada prinsipnya dalam suasana covid 19 ini, untuk selalu senantiasa menghimbau kepada seluruh masyarakat, dan khusunya ASN untuk terus mengkampanyekan gerakan 3 M, walaupun menurut data Pusdatina tojo una- una masih dalam zona kuning dan tak lupa juga untuk ASN agar menjaga Netralitasnya dalam pilkada,” ucapnya.

Sementara, Kepala Inspektorat Sulteng, Mohammad Muchlis mengatakan, terkait dengan pemeriksaan akhir masa jabatan kepala daerah merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor: 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Selain itu, kata dia, pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 52 Tahun 2018 juga disebutkan, pemeriksaan dilakukan paling cepat tiga bulan sebelum berakhirnya masa jabatan kepala daerah atau paling lambat dua minggu setelah pelantikan kepala daerah terpilih.

Dia menambahkan, di Sulteng ada 7 kabupaten yang akan dilakukan pemriksaan, namun untuk sekarang kami lakukan pemriksaan untuk 5 kabupaten , yang dibagi menjadi 3 tim.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui Sejauh mana progres yang dilakulan kepala daerah selama ini,”sebutnya.

“Sehingga dari hasil itu, siapapun yg terpilih mendatang dia kan tau batasnya samapai dimana dan dia akan melanjutkannya dari mana, selain melihat progres kedepannya, kegiatan ini diharapkan agar Pemda terkait sudah menyiapkan segala pertanggung jawabannya sehingga ketika ada pemeriksaan BPK pemda sudah siap menghadapinya,”sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pjs Bupati Tojo Una – una, Drs.Datu Lamusu, M.Si menyampaikan bahwa capaian- capain yang selama ini dilakukan oleh Pemda akan laporkan, dan itu akan menjadi dasar untuk kepala daerah terpilih selanjutnya.

Dia juga mengapresiasi dan menyambut dengan hangat kedatangan wakil gubernur dan rombongan dalam rangka pemeriksaan ini.

Adapun pejabat yang hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Sulteng, Kepala Inspektorat, Kepala Dinas PMD Sulteng, Kadis Dispora Sulteng, Pjs Bupati Tojo una-una, Sekretaris daerah kabupaten Taslim DM.Lasupu,SP,MT, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa Moh. Nur Lasupu,S.Pdi, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Alimudin Mohammad,SE,M.Si, Kepala Bapelitbangda Ir. Moh. Idrus,MT. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *