Wagub Sampaikan Rancangan RPJMD Sulteng 2021 – 2026 Dalam Paripurna DPRD Sulteng Secara Virtual

oleh -
Wakil Gubernur Sulteng, Drs. Mamun Amir saat menyampaikan pengantar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulteng 2021 - 2026 dalam sidang paripurna DPRD Sulteng secara virtual bertempat di ruang Vidkom Kantor Gubernur, Kamis (5/8/2021). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Gubernur Sulteng diwakili Wakil Gubernur (Wagub), Drs. Mamun Amir menyampaikan pengantar rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulteng 2021 – 2026 dalam sidang paripurna DPRD Sulteng secara virtual bertempat di ruang Vidkom Kantor Gubernur, Kamis (5/8/2021).

Adapun rancangan RPJMD Sulteng 2021 – 2026 menyesuaikan dengan visi gerak cepat menuju Sulawesi Tengah (Sulteng) lebih sejahtera dan lebih maju. Visi tersebut dijabarkan dalam  9 misi yakni ;

  1. Meningkatkan kualitas manusia Provinsi Sulawesi Tengah melalui reformasi sistem pendidikan dan kesehatan dasar.
  2. Mewujudkan reformasi birokrasi, supremasi hukum dan penegakan nilai-nilai kemanusiaan dan HAM.
  3. Mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penguatan kelembagaan.
  4. Mewujudkan peningkatan pembangunan infrastruktur daerah.
  5. Menjalankan pembangunan masyarakat dan wilayah yang merata dan berkeadilan.
  6. Menjaga harmonisasi manusia dan alam antar sesama manusia sebagai wujud pembangunan berkelanjutan.
  7. Melakukan sinergitas kerjasama pembangunan antar daerah bertetangga setelah Hasan maupun di dalam provinsi Sulawesi Tengah dan di luar provinsi bertetangga.
  8. Meningkatkan pelayanan publik bidang pendidikan dan kesehatan berbasis pada teknologi informasi yang integrasi dan dijalankan secara sistematis dan digital.
  9. Mendorong pembentukan daerah otonomi baru (DOB) agar terjadi percepatan desentralisasi pelayanan dan peningkatan lapangan kerja dan peningkatan produktivitas sektor unggulan daerah.

“Tantangan terbesar dalam menjalankan 9 misi di atas, terletak pada kemampuan dan kecepatan birokrasi memahami dan menerapkan secara cepat dan tepat. Oleh karena itu, akan sesegera mungkin membangun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, melakukan reformasi sistem perencanaan, penganggaran dan menerapkan akuntabilitas birokrasi yang bertransformasi dari uang mengikuti fungsi menjadi uang mengikuti program, program mengikuti hasil serta melakukan reformasi kelembagaan birokrasi yang efektif dan efisien.

“Reformasi pelayanan publik yang berkualitas, melalui digitalisasi dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi secara optimal,” ujar wagub.

Lebih wagub  menyampaikan, isu yang membutuhkan penanganan dalam jangka pendek adalah penanganan pasca gempa bumi, tsunami dan likuifaksi. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sulteng akan mengalokasikan dana APBD Perubahan 2021 sebesar Rp27 Miliar untuk pembebasan tanah lokasi pembangunan jembatan IV.

Selanjutnya, Rp 10 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan huntap petobo, mempercepat pembangunan huntap Talise dan Tondo, sehingga perlu dilakukan pemetaan lahan untuk masyarakat terdampak sekitar huntap dengan alokasi dana Rp3,5 miliar dan percepatan pengadaan tanah bagi spam regional Sulteng guna percepatan pengadaan air bersih sebesar Rp2,63 Miliar, untuk dukungan percepatan Rehab dan Rekon dampak bencana Kabupaten Sigi Rp6 Mliar, untuk Kabupaten Donggala Rp12.150 Miliar dan Penanganan Covid 19.

Sebelum mengakhiri sambutannya, wagub menyampaikan bahwa pemerintah provinsi Sulteng akan menjalankan 298 program yang terjabarkan dalam berbagai kegiatan dan Sub kegiatan prioritas dalam kerangka Sulteng lebih sejahtera dan Sulteng lebih maju tahun 2021.

Rapat paripurna DPRD Sulawesi Tengah secara virtual itu dibuka oleh Ketua DPRD Sulteng, Dr. Hj. Nilam Sari Lawira SP, MP dan diikuti oleh 30 anggota DPRD Sulteng, unsur Forkopimda dan Kepala OPD secara virtual.

Turut mendampingi wagub Plt Kepala Bappeda Provinsi Sulteng, Dr. Suandi, ST, M.Si dan Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Adiman, SH, M.Si. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.