Vaksin Covid-19 Tiba di Sulteng, Tahap Pertama Untuk Tenaga Kesehatan

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Vaksin covid-19 dari Sinovac telah didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Sulawesi Tengah (Sulteng) vaksin covid-19 telah tiba hari ini, Selasa (05/01/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, I Komang Adi Sujendra mengungkapkan, pendistribusian vaksin covid-19 tahap pertama di Sulteng berjumlah 11.000 dan akan diutamakan terlebih dahulu bagi tenaga kesehatan.

“Untuk diperuntukkan tenaga kesehatan, tapi masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat mengenai tanggal minggu dan bulannya,”ungkapnya.

Adi Sujendra mengatakan, vaksin covid-19 akan didistribusikan juga ke setiap kabupaten yang berada di Sulteng, namun masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

Dia menyatakan, untuk kebutuhan vaksinasi bagi tenaga kesehatan sebanyak 22.116 yang dikirimkan pada tahap pertama.

Setelah diperuntukkan kepada tenaga kesehatan, kata Adi Sujendra, selanjutnya vaksin covid-19 yang diberikan kepada pelayan publik, lansia, kelompok rentan dan masyarakat umum.

“Pengirimannya bertahap, untuk jumlah vaksin 70 persen dari jumlah masyarakat,”ucapnya.

“Periode pertama tenaga kesehatan dulu, kedua tenaga pekerja pelayanan publik, kemudian lansia, berikutnya kelompok resiko rentan, dan masyarakat umum yang menjadi target populasi sesuai dengan persyaratan,”tambahnya.

Menurutnya, pendistribusian vaksin covid-19 berikutnya akan dilakukan pada April 2021 mendatang setelah penyuntikan tahap pertama telah selesai.

“Pengiriman berikutnya di April 2021, setelah tahap pertama penyuntikan, ada tiga tahap, tapi belum ada kepastian,”pungkasnya.

Saat ini vaksin covid-19 disimpan di gedung instalasi farmasi Dinas Kesehatan Sulteng, jalan Undata. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *