Usulan Bangun Huntap Eks Rusunawa Lere Telah Diajukan Ke Kementerian PUPR

oleh -
Rencana pembangunan Huntap dilokasi eks Rusunawa Lere. FOTO : IST

Kepala DPKP Kota Palu Zulkifli : Wali Kota Palu Terima Usulan Warga Penyintas Lere

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota Palu berencana bangun Hunian Tetap (Huntap) eks Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) kelurahan Lere, dengan menggandeng kementerian PUPR sebagai pelaksana pembangunan fisik hunian tahun ini, tidak lain karena merupakan bagian dari usulan dan permintaan masyarakat terdampak dari kelurahan Lere yang tidak mau di relokasi ke tempat lain.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Palu Zulkifli, menjelaskan, Wali Kota Palu menerima permintaan dan usulan dari masyarakat terdampak kelurahan Lere untuk dibangunkan Hunian Tetap yang tidak jauh dari mata pencaharian mereka sebagai profesi nelayan.

Dengan pertimbangan usulan tersebut, tentunya Wali Kota Palu Hadianto Rasyd, menginisiasi kembali pada tahun ini untuk bagaimana pembangunan Huntap di lokasi eks rusunawa kelurahan Lere, bisa dibangun pada tahun ini juga.

“Insya Allah ini atas respon positif dari Wali Kota terhadap permintaan dari masyarakat Lere yang terdampak yang ingin dibangunkan Huntap karena tidak mau di relokasi ke tempat lain,” ungkap Zulkifli kepada SultengNews.com belum lama ini.

Katanya menambahkan, upaya-upaya dari Wali Kota Palu saat ini telah diperjuangkan dengan perkembangan saat ini bahwa data pengusulan sudah diserahkan ke Kementerian PUPR melalui BPPW Sulteng.

“Kita sudah serahkan data ke PUPR, sebanyak 45 Kepala Keluarga atau 45 unit sesuai dengan data hasil verifikasi di lapangan,” sebutnya.

“Kita sedang menunggu hasil pengajuan, kita yakin bisa dibangun pada tahun ini juga,” sambungnya.

Kemudian upaya ini, tegas Zulkifli, salah satu alternative pemerintah kota Palu dalam melihat hasil dilapangan bahwa tidak semua masyarakat kota Palu yang terdampak bencana alam 28 September 2018, untuk mau direlokasi ke tempat lain.

Olehnya, dengan adanya rencana pembangunan Huntap kawasan yang akan dibangun oleh PUPR di lokasi eks Rusunawa Lere, membuka harapan baru kepada masyarakat terdampak untuk bisa menempati Huntap nantinya tanpa harus rela untuk keluar dari tempat asalnya, serta tidak jauh dari profesi utama sebagai nelayan.

“Kita berharap agar segera secepatnya dibangun, agar masyarakat calon penerima sudah bisa menempati Huntap yang telah dibangun nantinya,” tegas Zulkifli.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.