Usai Terima Demonstran, Gubernur Sulteng Langsung Surati Bupati Donggala

oleh -
Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura saat menerima secara langsung masyarakat penyintas dampak bencana alam dari Loli Bersaudara di Depan Kantor Gubernur, Senin (21/6/2021). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura menerima secara langsung Demontrasi Masyarakat Penyintas Dampak Bencana Alam dari Loli Bersaudara di Depan Kantor Gubernur, Senin (21/6/2021).

Usai menerima para demonstran itu, Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura langsung menyurati Bupati Donggala terkait dengan tuntutan para demonstran dari Loli Bersaudara.

Surat gubernur dengan nomor 360/526/Pusdatina perihal percepatan masa rehabilitasi dampak bencana alam Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (PADAGIMO) yang ditandatangani Gubernur Rusdy Mastura tanggal 21 Juni 2021 ini berisikan empat poin yakni;

Pertama, sesuai aspirasi masyarakat Loli Bersudara bahwa yang terdampak bencana belum menerima hak – haknya sebagai masyarakat yang terdampak bencana.

Kedua, bahwa aspirasi masyarakat Loli Bersudara tidak bersedia untuk direlokasi, tapi masyarakat mengharapkan diberikan dana stimulan.

Ketiga, bilamana dana stimulan masih tersedia di kas daerah Kabupaten Donggala, kiranya dapat diberikan prioritas penyaluran kepada masyarakat Loli Bersaudara.

Empat, segera dilakukan validasi dan terpilih dan diverifikasi secara vaktual melalui fungsi lembaga masyarakat dan pemerintah secara berjenjang.

Sebelum akhirnya menyurati Bupati Donggala, Gubernur Rusdy Mastura sempat berdialog dengan para demonstran dari Loli Bersudara di depan Kantor Gubernur Sulteng.

Gubernur yang akrab disapa Cudi itu berjanji akan membantu akan membantu masyarakat peyintas banca alam 28 September 2018 lalu.

“Kalau tentang dana stimulan, itu sudah disalurkan melalaui Pemerintah Kabupaten dan Kota. Saya akan meminta realisasi dana simulan dari Kabupaten dan Kota Palu,” janji Cudi dihadapan masyarakat Loli Bersudara itu.

“Kalau ada masyarakat yang betul – betul terdampak, tetapi belum tetangani dan belum mendapat bantuan, pasti saya tangani dan bantu. Percayalah, tapi harus berdaskan data yang akurat dan Valid dari pemerintah desa dan Kabupaten/Kota. Saya pasti bantu yakinlah, itu janji saya,” tandas Gubernur. FUL/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *