Update Covid 19 di Touna, 1 Orang Terkonfirmasi di Positif

oleh -
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Touna, Taufan H Tandri pada gelar Konfresi Pers Rabu 21/10/2020. FOTO : IST

TOUNA, SULTENGNEWS.COM – Satu Orang Warga Desa Malabo, Kecamatan Walea Besar, Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) dilaporkan positif terinfeksi virus corona.

Hal itu disampaikan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Touna, Taufan H Tandri pada gelar Konfresi Pers Rabu (21/10/2020)

Taufan menjelaskan , berdasarkan data Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas 1 Makassar, Nomor PM.03.01/03/25/28/2020 tanggal 19 Oktober 2020.telah terkonfirmasi 1 (Orang) Warga Touna inisial NY Positif Corona.

Menurut Taufan Berdasarkan Penulusuran penyelidikan Epidemiologi, awalnya NY berasal dari Kota Gorontalo dan saat ini NY terinfeksi di Kabupaten Tojo Una-Una.

“Artinya di Touna sudah Ada Orang Tampa Gejala (OTG ) yang berkeliaran, karena berdasarkan Epidemiologi NY tidak pernah keluar Rumah, Sejak 1 Oktober samapai 11 Oktober Ny berada di Ampana. Oleh sebab itu, kami simpulkan NY terinfeksi di Kabupaten Touna. Kami sampaikan masyarakat Touna agar tetap melakukan Protokol kesehatan,” ucap Taufan.

Kronologisnya ;

Ny berangkat dari Kota Gorontalo tanggal 4 Juli 2020 mengunakan Kapal Feri Pelabuhan Pagimana, hasil pemeriksaan Rapid Tes Kota Gorontalo NY Non reaktif . Tiba Pelabuhan Pagimana 5 Juli, lalu  melanjutkan perjalanan ke Desa Malabo, Kecamatan Walea Besar .

Selanjutnya, pada tanggal 11 Oktober NY akan berangkat kembali ke kota Gorontalo dan melakukan Rapid Tes di Touna. Hasil Rapid Tes dinyatakan Reaktif, sehingga pada 12 Oktober NY langsung dilakukan pengambilan Swab dan NY di isolasi mandiri di rumah.

Tanggal 19 Oktober, surat di keluarkan oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas 1 Makassar, diterima tanggal 20 Oktober dinyatakan Positif Covid-19. JFR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *