Universitas Tadulako Sambut Gembira Keringanan UKT Mahasiswa

oleh -
Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Tadulako, Dr. Muhammad Nur Ali, M.Si. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Civitas Akademika Universitas Tadulako (Untad) menyambut gembira keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa tahun 2020 ini.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (Warek Biduk) Universitas Tadulako, Dr. Muhammad Nur Ali, M.Si, kepada sultengnews.com, Sabtu (20/06/2020).

Menurut Dr. Muhammad Nur, keringanan UKT tersebut berdasarkan Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 yang isinya Kemendikbud akan memberikan keringanan bagi mahasiswa yang mengalami kendala finansial selama pandemi Covid-19.

“Dalam kaitan dengan keringanan UKT bagi mahasiswa, Universitas Tadulako menyambut gembira kebijakan pemerintah dalam hal ini kemendikbud tentang keringanan UKT,” kata Nur Ali.

Dikatakan, ada empat skema jadi opsi bagi perguruan tinggi yaitu penundaan pembayaran, penyicilan pembayaran, menurunkan level UKT dan pengajuan beasiswa.

Dari empat skema itu, kata Nur Ali, ada beberapa pemikiran yang berkembang diantaranya bahwa jika penyicilan, maka mencakup pula penundaan sebagian beban UKT.

“Jadi mungkin saja menggunakan skema kombinasi. Nanti setelah piihak keuangan merampungkan hasil hitungan mereka akan diketahui bagaimana finalnya.

Menurut dia, UKT di Untad tergolong paling rendah, jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain khususnya PTN di Indonesia.

“Nanti setelah pihak keuangan merampungkan hasil hitungan mereka akan diketahui bagaimana finalnya,”ujarnya.

Sebelumnya, Nur Ali mengungkapkan, pada tanggal 15 Juni yang lalu pimpinan Universitas dan Fakultas dalam lingkungan Universitas Tadulako sudah melakukan rapat secara daring dan hingga saat ini hasil rapat tersebut sedang diformulasi oleh bagian keuangan untuk diajukan kepada rektor yang akan menjadi kebijakan Universitas Tadulako.

“Insya Allah sebelum masa pembayaran UKT pada Semester Ganjil 2020 kebijakan rektor sudah diumumkan,”tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *