Umumkan 11 Nama Lulus Tes Tertulis PPK di Tolitoli Perintah KPU Sulteng

oleh -

Konfrensi pers yang dilakukan KPU Tolitoli terkait pengumuman 11 Nama Calon PPK di beberapa kecamatan di Tolitoli. FOTO : RAMLAN/SULTENGNEWS.COM

TOLITOLI, SULTENGNEWS.COM – Pengumuman 11 nama anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Tolitoli di tiga kecamatan yakni Dondo, Dakopemean dan Tolitoli Utara berdasarkan perintah Komisioner KPU Sulawesi Tengah, Sahran Raden.




Perintah tersebut berdasarkan koordinasi yang dilakukan antara KPU Tolitoli dan KPU Sulteng secara berjenjang untuk menyikapi rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tolitoli.

“Pengumuman 11 nama hasil tes tertulis di tiga kecamatan tersebut, karena adanya rekomendasi Bawaslu dan Koordinasi dengan KPU Sulteng,” kata Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Tolitoli, Alisman, Rabu (12/02/2020).

Menurut Alisman, sikap KPU melaksanakan rekomendasi Bawaslu bersifat wajib dalam sistem penyelenggaraan Pemilu.




“Sikap tersebut untuk menghindari sidang DKPP,” tandas Alisman.

Ketua KPU Tolitoli, Suleman Padjalani yang menghubungi media ini usai konfrensi pers menyampaikan, para calon PPK yang telah digugurkan melalui pengumuman berdasarkan tanggapan masyarakat yang menyebutkan bahwa mereka pernah terlibat sebagai anggota Partai dan terdaftar di Sistem Partai Politik (SIPOL).

Namun setelah digugurkan, mereka melakukan sanggahan dan melaporkan hal itu ke Bawaslu Tolitoli. Kepada Bawaslu mereka menjelaskan bahwa nama mereka hanya dicatut oleh partai politik dan itu juga sudah dikonfirmasi ke masing – masing partai dimana nama mereka tercatat di SIPOL.

Berdasarkan hal itulah, Bawaslu merekomendasikan mereka agar di luluskan dan diajukan dalam pengumuman 10 besar yang lulus ke tahap wawancara.




“Namun karena nama – nama 10 besar sudah kita umumkan sebelumnya, maka dalam pengumuman terbaru menjadi 11 nama, karena ada tambahan dari rekomendasi Bawaslu yang wajib kita ikuti,” ujar Suleman.

Sebelumnya, dalam pengumuman tes tertulis PPK, KPU Tolitoli telah menggugurkan empat nama peserta calon PPK, dua orang di Kecamatan Tolitoli Utara, masing – masing satu orang di Kecamatan Dakopemean dan Dondo, para peserta yang digugurkan tersebut tercatat dalam Sistem Partai Politik (SIPOL) sebagai kader Partai Politik. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *