UIN Datokarama Palu Seleksi Mahasiswa Penerima Beasiswa BI Sulteng

oleh -
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Datokarama Palu, Dr. Muhamad Idhan. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu mendapatkan kepercayaan dari BI Perwakilan Sulawesi Tengah untuk menerima kuota beasiswa yang diperuntukkan kepada mahasiswa UIN Datokarama Palu.

Dalam rangka tersebut, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Datokarama Palu, Dr. Muhamad Idhan, menjelaskan, bahwa Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu di Provinsi Sulawesi Tengah, tengah mulai menyeleksi mahasiswa untuk penerimaan beasiswa Bank Indonesia (BI) tahun 2022.

Hal ini sebagai langkah dan bagian dari adanya kerjasama antara UIN Datokarama Palu dengan BI Perwakilan Sulawesi Tengah, dengan kuota sebanyak 50 mahasiswa angkatan tahun 2022.

“Iya, seleksi calon penerima beasiswa Bank Indonesia saat ini sedang berproses,” kata Dr. Mohamad Idhan kepada SultengNews.com, belum lama ini.

Mohamad Idhan menerangkan, BI Perwakilan Sulawesi Tengah memberikan kuota kepada UIN Datokarama Palu sebanyak 50 orang mahasiswa angkatan 2022, untuk diberikan beasiswa.

Dari kuota tersebut, kata Dr. Muhamad Idhan, UIN Datokarama Palu akan mengusulkan sebanyak 100 orang mahasiswa kepada BI Perwakilan Sulteng, yang selanjutnya akan diseleksi oleh pihak BI perwakilan Sulteng, sebelum ditetapkan 50 orang yang berhak menerima beasiswa tahun 2022.

“Kuotanya 50 orang, tapi kita akan usulkan 100 atau 75 orang, yang kemudian dilakukan seleksi lanjutan oleh pihak BI perwakilan Sulteng sebelum ditetapkan sebagai penerima sebanyak 50 orang,” katanya.

UIN Datokarama Palu, sebut Mohamad Idhan, sejak masih berstatus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datokarama Palu, menjadi satu perguruan tinggi yang menerima bantuan BI Perwakilan Sulteng dalam bentuk beasiswa.

Beasiswa BI Perwakilan Sulteng yang diberikan kepada perguruan tinggi tersebut, dimulai sejak tahun 2017, saat itu bantuan beasiswa Bank Indonesia berjumlah 400 juta rupiah, diberikan kepada 40 mahasiswa, sementara setiap mahasiswa mendapat 10 juta rupiah selama dua semester.

Tahun 2018, bantuan BI Perwakilan Sulteng untuk UIN Datokarama Palu khususnya beasiswa pendidikan senilai 400 juta rupiah, juga diberikan kepada 40 mahasiswa.

“Masing-masing mahasiswa mendapat 10 juta rupiah per dua semester,” sambung Dr. Muhamad Idhan.

Untuk tahun 2019 sendiri, bantuan dari BI Perwakilan Sulteng kepada IAIN Datokarama Palu senilai 600 juta rupiah, yang diperuntukkan kepada 50 mahasiswa, dengan masing-masing mahasiswa mendapat bantuan 12 juta rupiah per dua semester.

Hal demikian juga berlaku pada tahun 2020 dan 2021, yakni masing-masing 600 juta rupiah, dengan diberikan kepada 50 mahasiswa, masing-masing menerima 12 juta rupiah per dua semester per tahun.

“Untuk tahun 2022 ini, kuota 50 orang, dengan nilai yaitu 12 juta rupiah per mahasiswa, selama satu tahun atau selama dua semester,” ungkapnya.

Ia menambahkan, beasiswa BI Perwakilan Sulteng diperuntukkan kepada mahasiswa ekonomi menengah ke bawah dan berprestasi secara akademik.

Karena itu, dalam seleksi administrasi, mahasiswa harus menyertakan beberapa persyaratan di antaranya surat keterangan tidak mampu dari lurah atau kepala desa, serta Kartu Hasil Study (KHS) yang telah menyelesaikan 40 SKS mata kuliah.

“Penyerahan berkas administrasi mahasiswa dengan segala syarat yang telah ditentukan, akan dikirim ke Bank Indonesia Perwakilan Sulteng pada 25 Februari 2022 untuk diproses lebih lanjut,” jelas Dr. Muhamad Idhan.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.