UIN Datokarama Palu Mulai Terapkan Apel Pagi Setiap Senin

oleh -
Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, menjadi Pembina upacara apel pagi hari Senin, Senin (24/1/2022).

Sesuai Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 01 Tahun 2022

PALU, SULTENGNEWS.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, salah satu perguruan tinggi keagamaan ternama di Sulawesi Tengah dan berpusat di kota Palu, kini telah memulai menerapkan pelaksanaan upacara apel pagi, setiap minggu di hari Senin.

Peserta upacara apel pagi di lingkungan kampus UIN Datokarama Palu.
FOTO : IST

Dengan berdasar dari adanya Surat Edaran Menteri Agama RI pusat Nomor 01 Tahun 2022 Tentang Apel Pagi bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama RI Pusat.

Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd

Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, menyebut, berdasarkan oleh adanya SE Menteri Agama Nomor 01/01/Tahun 2022, maka seluruh ASN di lingkungan Kementerian Agama harus melaksanakan upacara atau apel pagi setiap minggu, setiap hari Senin.

Hal ini sambung Prof. Sagaf, dalam SE tersebut itu dijelaskan dan dimaksudkan, agar seluruh ASN di lingkungan kampus UIN Datokarama Palu untuk memperoleh penguatan nilai-nilai kebangsaan dan keindonesiaan kepada seluruh ASN tetap maupun ASN kontrak, yang dibiayai dengan menggunakan anggaran negara.

“Tadi kita sudah mulai upacara atau apel setiap minggu, setiap Senin, dan Insya Allah, setiap minggu, setiap hari Senin kita akan ada apel terus. Sementara Pembina upacaranya nanti akan digilir ke semua pimpinan,” ungkap Prof. Dr. Sagaf kepada SultengNews.com, saat ditemui langsung di ruangannya, Senin (24/1/2022) pagi.

“Selain dengan melaksanakan apa yang dicantumkan di dalam Surat Edaran itu yakni memperkuat kebangsaan cinta tanah air, memperkuat dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga NKRI. Tentu secara mikro, di lingkungan UIN Darokarama Palu, upacara ini sebagai sarana untuk memperarat ukhuwah islamiyah atau ukhuwah bashariyah seluruh ASN. Sehingga dalam melaksanakan tugas bisa lebih maksimal lagi. Itu yang saya sampaikan tadi dalam sambutan di apel pagi,” sambung Prof. Dr. Sagaf.

Kemudian, katanya menambahkan, terlebih khusus dengan adanya pelaksanaan upacara apel pagi, dengan melibatkan seluruh ASN yang hadir, jabatan fungsional umum maupun fungsional khusus, tenaga kependidikan, semua pejabat hadir, dapat menguatkan dalam rangka ajang koordinasi diantara satu dengan lainnya.

“Saya berharap, karena surat edaran ini dari Kementerian Agama pusat, seluruh Satker di lingkungan Kementerian Agama, dari atas sampai kebawah melaksanakan ini,” sebutnya.

“Kita di lingkungan UIN Datokarama Palu harus bisa terus melaksanakan upacara atau apel pagi setiap hari Senin atau seminggu sekali,” kata Prof. Dr. Sagaf.

Prof. Dr. Sagaf pun menekankan, karena saat ini masih dalam masa penanganan covid-19, tentu lingkungan kampus UIN Datokarama Palu dalam pelaksanaan apel pagi setiap Senin, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Pakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan. Jadi, protokol kesehatah tetap kita laksanakan secara ketat,” ungkapnya.

“Apel pagi, setiap senin, tiap minggu ini juga tetap tidak mengurangi volume dan beban kerja, karena hanya beberapa menit saja baru setelah itu masuk kembali. Artinya, bukan berarti apel ini menyedot waktu kerja, mengurangi volume kerja atau mengurangi kualitas kerja kita, tidak, kita tetap melaksanakan dengan mempertimbangkan tugas-tugas kita setelahnya,” jelas Prof. Dr. Sagaf.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.