UIN Datokarama Palu Jalin Kerja Sama BAZNAS Sulteng

oleh -
Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd bersama Ketua BAZNAS Sulteng, Prof. Dahlia, saat jalin kerjasama belum lama ini. FOTO : IST

Dalam Bentuk Pemberian Beasiswa Pendidikan Kepada Mahasiswa UIN Datokarama Palu

PALU, SULTENGNEWS.COM – Belum lama ini, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UIN) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sulawesi Tengah, untuk memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi ternama yang ada di Sulawesi Tengah, kota Palu tersebut.

Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd.
FOTO : IST

Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, MPd, menjelaskan bahwa UIN Datokarama Palu sangat berterima kasih kepada BAZNAS pusat dan daerah yang telah membantu masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya kepada mahasiswa yang mengenyam pendidikan.

“Apa yang dilakukan oleh BAZNAS, merupakan satu perbuatan mulia untuk pembangunan peradaban manusia yang berkualitas di masa mendatang. Ini wujud nyata keberpihakan BAZNAS kepada masyarakat,” kata Prof. Dr. Sagaf kepada SultengNews.com, belum lama ini.

Berkaitan dengan itu pula, terpisah, Wakil Rektor Bidang III Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Datokarama Palu, Dr. Mohamad Idhan, menambahkan, pihaknya akan bertemu kembali dengan BAZNAS Sulteng, untuk membahas beberapa hal terkait beasiswa tersebut.

“Diantaranya, mengenai Juknis yang memuat tentang kriteria penerima beasiswa, agar kami memiliki dasar dan rujukan dalam melakukan seleksi penerima beasiswa,” ungkapnya.

Dr. Idhan menerangkan, BAZNAS Pusat sejak tahun 2019 telah memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa UIN Datokarama Palu. Namun untuk BAZNAS Sulteng sendiri baru dimulai tahun ini.

Untuk tahun 2021, BAZNAS pusat memberikan bantuan beasiswa kepada 20 mahasiswa UIN Datokarama Palu yang masih berlangsung hingga tahun 2022 ini. Kemudian tahun 2019 yang berlangsung sampai tahun 2020, terdapat enam mahasiswa yang dibantu.

“Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), ikut membantu generasi muda di provinsi Sulawesi Tengah dalam mengenyam pendidikan jenjang Strata satu di perguruan tinggi UIN Datokarama Palu, demi terwujudnya pembangunan sumber daya manusia,” kata Dr. Muhamad Idhan.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Sulteng, Prof. H. Dahlia, menguraikan terkait dengan pemberian bantuan tersebut memang diperuntukkan kepada generasi muda.

BAZNAS Sulteng, lanjut Prof. Dahlia, selain pemberian bantuan beasiswa kepada mahasiswa di UIN Datokarama Palu, BAZNAS Sulteng juta telah memberikan bantuan beasiswa kepada beberapa perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Tengah.

“Diantaranya mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu dan Universitas Tadulako (Untad).

Ia menerangkan, beasiswa tersebut dalam bentuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau SPP mahasiswa. Dengan begitu, BAZNAS Sulteng membantu pembayaran UKT/SPP, dimulai dari semester satu hingga semester delapan atau hingga selesai Strata satu.

“Beasiswa ini kita berikan dari semester satu hingga semester semester delapan,” kata Prof Dahlia.

Selanjutnya, katanya menambahkan, setiap perguruan tinggi penerima beasiswa dari BAZNAS, masing-masing fakultas diberikan kuota oleh BAZNAS Sulteng dua mahasiswa untuk diberikan beasiswa. Karena itu, untuk UIN Datokarama Palu, BAZNAS Sulteng memberikan beasiswa tahun 2022 kepada delapan mahasiswa.

“Satu fakultas dua orang mahasiswa, dan seleksinya dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi,” sebutnya.

Prof. Dahlia menegaskan, bantuan BAZNAS Sulteng dalam bentuk beasiswa, bertujuan untuk meringankan beban masyarakat. Oleh karena itu, sasaran utama penerima yaitu harus masyarakat ekonomi lemah atau warga kurang mampu.

Ia juga menambahkan, selain memberikan bantuan kepada generasi muda di perguruan tinggi, BAZNAS Sulteng juga memberikan bantuan kepada siswa-siswi untuk melanjutkan pendidikan di tingkat SLTA.

“Ada 10 orang siswa yang telah selesai di jenjang SLTP, kami bantu untuk melanjutkan pendidikan SLTA. 10 orang itu, sudah kami bantu dan mereka melanjutkan pendidikan di Bogor,” tutup Prof. Dahlia.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.