UIN Datokarama Palu – IAKN Toraja Jalin Kerja Sama

oleh -
CENDRAMATA : Rektor UIN Datokarama Palu saat memberikan cendramata kepada rektor IAKN beberapa waktu lalu. FOTO : IST

Dalam Penguatan Moderasi Beragama serta Memperkuat Kerukunan Umat Beragama

PALU, SULTENGNEWS.COM –  Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bekerjasama dengan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja Provinsi Sulawesi Selatan untuk penguatan moderasi beragama, dalam rangka memperkuat pembangunan kerukunan umat beragama di dua provinsi tersebut.

Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, menyebutkan, kerja sama ini akan melibatkan para akademisi dua perguruan tinggi negeri yaitu UIN Datokarama Palu dan IAKN untuk melakukan riset-riset terkait penguatan moderasi beragama.

“Kerja sama dua perguruan tinggi keagamaan negeri itu berawal dari kunjungan Rektor IAKN Toraja Dr. Joni Tapingku beserta jajarannya ke UIN Datokarama di Palu beberapa waktu yang lalu,” ungkap Prof. Dr. Sagaf kepada SultengNews.Com, Senin (6/12/2021).

Kunjungan Rektor Dr. Joni Tapingku di sambut langsung oleh Rektor UIN Datokarama Prof. Dr. Sagaf S. Pettalongi, didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan Dr. Kamaruddin dan Kepala Biro AUPK UIN Datokarama Palu Drs. H. Suleman M.Pd.

Kemudian, UIN Datokarama Palu lewat kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Sagaf, mengusung visi mengembangkan kajian Islam moderat, yang berbasis pada integrasi ilmu, spiritualitas dan kearifan lokal.

Pengembangan kajian Islam moderat dilakukan dengan pengembangan keilmuan, yang berangkat dari hasil-hasil riset para akademisi UIN Datokarama Palu.

Bahkan, Prof. Dr. Sagaf mendorong terbentuknya rumah moderasi beragama sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis yang berperan mendukung pengembangan kajian Islam moderat.

“Karena itu, UIN Datokarama Palu sangat terbuka untuk bekerjasama dengan seluruh pihak, dalam pengembangan moderasi beragama,” ujar Prof. Dr. Sagaf yang juga Waketum MUI Provinsi Sulteng.

Kerja sama UIN Palu dengan IAKN Toraja, juga meliputi tentang penelitian dan pengembangan kearifan lokal yang dianut oleh masyarakat di wilayah Sulteng dan di Sulsel.

Selain itu kerja sama tersebut juga mengakomodir tentang Joint Research Akademik untuk peningkatan kualitas penelitian yang berdampak pada peningkatan publikasi jurnal ilmiah.

Terpisah, Rektor IAKN Toraja Dr. Joni Tapingku, mengemukakan, kerja sama itu sebagai bentuk tindaklanjut dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk pengembangan khasanah keilmuan.

“Kami berterima kasih kepada UIN Datokarama Palu yang telah menyambut baik hal ini, semoga dapat memberikan manfaat besar bagi IAKN Toraja, UIN Palu dan pemerintah serta masyarakat di dua Sulteng dan Sulsel,” sebut Dr Joni.

Ia menambahkan, kerja sama dua perguruan tinggi ini, juga akan menambah referensi peningkatan kualitas akademik, yang nantinya menjadi rujukan untuk pembelajaran kepada mahasiswa.(zal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.