Tradisi Selepas Hari Raya Idul Fitri, Risma Desa Ogoansam Rayakan Lebaran “Ampini”

oleh -
Pengurus Risma Desa Ogoansam bersama Kepala Desa Ogoansam, Musrif Lihawa. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri  yang di peringati seluruh umat muslim di penjuru dunia baru saja usai. Hari Raya Idul Fitri bukan sekedar memperingati kemenangan

setelah melalui perjuangan melawan hawa nafsu selama sebulan dalam melaksanakan ibadah puasa. Akan tetapi juga momen kebersamaan bersama kelurga.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Risma Desa Ogoansam, di Kecamatan Palasa, Kabupaten Parigi Moutong yang melaksanakan lebaran “Ampini” atau lebaran ketupat sekaligus Halal Bihalal.

Ketua Risma Desa Ogoansam, Mohammad Yasin, saat memperlihatkan “Ampini”. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

Ketua Risma Desa Ogoansam, Mohammad Yasin mengatakan, kegiatan lebaran ketupat ini diinisiasi oleh anggota Risma Desa Ogoansam, Pemerintah Desa Ogoansam, dan Pegawai Syar’i Masjid Jami Al Muhajirin.

“Penceramah kami undang langsung dari Parigi, Ipda Erwin yang merupakan Kesatuan Kasat Binmas Parigi Moutong,”ujar Yasin saat ditemui di Masjid Jami Al Muhajirin Desa Ogoansam, Kamis (20/05/2021).

Di kegiatan tersebut, pihaknya mengundang Kepala Desa Se Kecamatan Palasa serta masyarakat Desa Ogoansam.

Yasin menerangkan, lebaran ketupat diambil dari bahasa suku Lauje yaitu lebaran “Ampini” sebagai bentuk bahasa kedaerahan khususnya bagi masyarakat di Kecamatan Palasa.

“Ampini kita ambil dari bahasa Lauje dalam arti Indonesia adalah ketupat, karena ini sebagai ciri khas di Kecamatan Palasa,”terangnya.DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.