Tolitoli Akhirnya Jebol Setelah Satu Pasien Positif Corona

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan Tolitoli, Drs Bakri Idrus Apr MM. FOTO : IST

SULTENGNEWS.COM – Setelah hampir sebulan lamanya Kabupaten Tolitoli dinyatakan aman dari Corona Virus Disease (Covid-19), kini Kota Cengkeh itu akhirnya jebol setelah seorang warga Kecamatan Basidondo yang sebelumnya merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkonfirmasi postif sesuai hasil Swab Test Laboratoriun di Makassar.

“Pasien tersebut dinyatakan postif Corona dan pasien ini merupakan kasus pertama di Tolitoli,” kata Kadis Kesehatan Tolitoli Drs Bakri Idrus Apt. MM kepada wartawan Selasa (5/5/2020).

Bakri Idrus menjelaskan, dari lima orang yang mendapatkan hasil swab laboratorium, empat orang dinyatakan negatif sedangkan satu orang dinyatakan positif.

“Hasil swab yang diterima dari Makassar ada lima orang, satu orang dinyatakan positif sedangkan yang lainya negatif, ” jelas Bakri Idrus.

Sementara ini, terkait satu orang yang teridentivikasi positif virus corona tersebut, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tolitoli telah berkoordinasi dengan sejumlah OPD untuk mengidentifikasi orang-orang yang pernah kontak dengan pasien itu.

“Pasien positif corona itu merupakan jamaah tabliq yang pernah ke pakatto Kabupaten Gowa Provinsi Sulsel beberapa waktu silam,” kata Kadis Kesehatan Tolitoli.

Sekaitan dengan pasien itu, umumnya para perawat dan dokter yang pernah kontak dengan pasien akan diambil samplenya untuk dikirim ke laboratorium rumah sakit Undata Palu, dikarenakan pasien tersebut sempat dirawat di ruang Teratai.

“Karena pasien itu pernah dirawat di ruang teratai sehingga semua perawat dan dokter yang pernah kontak dengan pasien diambil sampelnya, ” terang Kadis itu.

Bakri Idrus menghimbau kepada masyarakat yang pernah kontak dengan pasien tersebut diharapkan dapat melapor dan memeriksakan kesehatannya. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *