Tinggal Selangkah Lagi, Raja Tombolotutu Jadi Pahlawan Nasional

oleh -
SKETSA FOTO RAJA TOMBOLOTUTU (SUMBER : FKIP UNTAD)

PALU, SULTENGNEWS.COM – Perjuangan untuk menjadikan tokoh Sulawesi Tengah yakni Raja Tombolotutu menjadi menjadi Pahlawan Nasional, tinggal selangkah lagi akan segera terwujud dan mimpi wagra Sulteng agar ada tokoh di daerah ini menjadi Pahlawan Nasional akan segera menjadi kenyataan.

Mantan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr. Mukhlis bersama tim pengkajian tokoh nasional kini sudah hadir di Sulteng untuk melakukan verifikasi lapangan terkait bukti – bukti sejarah keberadaan Raja Tombolotutu.

Setelah sebelumnya, bertemu Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura, Dr. Mukhlis bersama tim melakukan pertemuan dengan Komisi IV DPRD Sulteng, Rabu (18/8/2021).

Mantan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr.Mukhlis saat memaparkan penjelasannya kepada Komisi 4 DPRD Sulteng. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

Dihadapan Komisi IV DPRD Sulteng, Dr. Mukhlis menyampaikan bahwa proses administrasi pengusulan Tombolotutu jadi Pahlawan Nasional sudah masuk ke tahap akhir yakni tahap verifikasi.

Sebelumnya, sudah dilakukan sidang-sidang Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) yang menguji dan mendiskusikan kelayakan administrasinya dari Tombolotutu untuk diusulkan jadi Pahlawan Nasional.

“Persyaratan-persyaratan umum dan persyaratan khusus telah memenuhi syarat dan sisa memenuhi verifikasi antara kebenaran yang diajukan dalam bukti-bukti tertulis dan kebenaran yang ada di lapangan,” sambung Dr.Mukhlis.

Jika semua telah terverifikasi, maka TP2GP akan melakukan sidang akhir dan nama tersebut diajukan ke Presiden RI, Jokowi Dodo.

“Kalau itu sudah selesai dilakukan TP2GP pusat, maka akan dilakukan sidang terakhir untuk mengetikkan nama dan diajukan ke Presiden,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Perpustakaan dan Arsip Nasional Syarif Bando bersama Dr. Mukhlis serta TP2GP melakukan audiens dengan Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura di ruang kerja Gubernur pada pagi harinya sekira pukul 09.00 Wita, lalu dilanjutkan ke DPRD Sulteng pada siang harinya.

Kepala Perpustakaan dan Arsip Nasional Syarif Bando bersama Dr. Mukhlis serta TP2GP saat melakukan audiens dengan Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura di ruang kerja Gubernur, Rabu (18/8/2021). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

Kepada Gubernur, Syarif Bando menyampaikan bahwa kunjungannya bersama Tim Pengkajian Gelar Pahlawan Nasional di Sulteng, dalam rangka mematangkan kajian tentang pengusulan gelar Pahlawan Nasional Kepada Raja Tombolotutu, sehingga tim akan berkunjung ke Parigi Moutong untuk mengetahui napak tilas sejarah perjuangan Raja Tombolotutu.

Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura sangat berterimakasih atas penerimaan usul pejuang dari Provinsi Sulteng agar Raja Tombolotutu bisa menjadi Pahlawan Nasional dari Sulteng. Jasanya dalam melawan penjajahan belanda harus mendapat apresiasi, sehingga Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Dinas Sosial Sulteng mengajukan Raja Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional.

Dalam pertemuan itu, Gubernur menyampaikan bahwa dirinya mengetahui banyak tentang perjuangan tokoh – tokoh bangsa, karena banyak membaca sejarah. Gubernur juga menyampaikan salam hormat kepada Menteti Sosial Tri Rismaharini yang sangat akrab dengan dirinya karena sama – sama sebagai Wali Kota sebelumnya.

“Saya selaku Gubernur Sulawesi Tengah, sangat mendukung Raja Tombolotutu menjadi Pahlawan Nasional,” tandas gubernur. DAL/FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.