Tim Kemanusiaan PKBI LBH APIK JMK Oxfam Tiba di Mamuju

oleh -
Tim Kemanusiaan PKBI, LBH APIK Sulteng, JMK Oxfam saat berangkat menuju Mamuju, Sulawesi Barat. FOTO : IST

MAMUJU, SULTENGNEWS.COM – Tim kemanusiaan PKBI, LBH APIK Sulteng, JMK OXFAM yang dipimpin Direktur Daerah PKBI Sulteng, Yospina Liku La’bi akhirnya tiba di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) sekira pukul 20.00 malam.

Tim kemanusiaan PKBI, LBH APIK Sulteng, JMK Oxfam ini membawa bantuan logistik untuk korban gempa magnitudo 6,2 yang telah meruntuhkan sejumlah bangunan pemerintah dan rumah warga, serta menimbulkan korban jiwa 81 orang dengan rincian 70 di Kota Mamuju dan 11 di Kabupaten Majene.

Adapun bantuan logistik yang dibawa antara lain terpal 100 lembar, Arco 10 unit, tempat sampah 100 liter sebanyak 10 unit, sapu lidi  40 Pcs, serokan sampah 40 pcs, ember 40 Pcs, gayung 40 Pcs dan sepatu boot 20 pasang.

Tim kemanusiaan berjumlah 15 orang itu, berangkat dari Palu sekira pukul 05.30 Wita dengan mengendarai tiga unit mobil yang membawa tim dan logistik.

Sempat berhenti beberapa kali di jalan, tim kemanusiaan akhirnya tiba di Mamuju dan langsung ke posko induk di kompleks Kantor Gubernur Sulbar.

Direktur Daerah PKBI Sulteng, Yospina Liku La’bi mengatakan, selain membawa logistik untuk keperluan para pengungsi, tujuan tim kemanusiaan ini juga akan melakukan pendataan data terpilah korban gempa laki – laki, perempuan serta data spesifik kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil dan ibu menyusui, remaja, perempuan kepala keluarga dan kaum difabel atau disabilitas.

“Data – data itu penting kita harus dapatkan, agar kita bisa menentukan respon program yang bisa kita ajukan ke lembaga donor untuk program pemulihan korban bencana Mamuju dan Majene,” terang Yospina.

Dikatakan, Oxfam bersama beberapa lembaga yang tergabung dalam Jejaring Mitra Kemanusiaan (JMK) akan melakukan respon setelah data korban secara terpilah lengkap di dapatkan.

“Setelah data terpilah lengkap, maka JMK bersama Oxfam akan melakukan respon program sesuai data warga korban gempa,” tandasnya. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *