Tiga Program Unggulan Perioritas Dekan FUAD UIN Datokarama Palu

oleh -
Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Datokarama Palu, Dr. H. Sidik, M.Ag. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Setelah resmi dilantik menjadi Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, 28 Desember 2021, ada tiga program unggulan dan menjadi perioritas utama di masa kepemimpinan saat menjabat sebagai Dekan FUAD.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Datokarama Palu Dr. H. Sidik, M.Ag, menyebutkan, dirinya telah memiliki perioritas program yang harus dijalankan semasa memimpin Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, dan harus terealisasi hingga masa akhir jabatan berakhir.

Yang pertama, lanjut Dr. Sidik, perioritas utama yang pertama adalah dengan memecah Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah menjadi dua Fakultas. Yakni Fakultas Ushuluddin dan Adab, kemudian yang kedua Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam.

Rencana memecah menjadi dua fakultas tersebut sudah masuk dalam program Perencanaan Strategi (Renstra) Fakultas untuk bisa direalisasikan selama masa kepemimpinan sebagai Dekan FUAD.

“Kenapa perlu dipecah menjadi dua fakultas, karena animo masyarakat untuk masuk di fakultas FUAD setiap tahun semakin meningkat. Baik jumlah mahasiswa, jumlah dosen, daya tampung kelas selalu diupayakn untuk ada peningkatan setiap tahunnya,” ungkap Dr. H. Sidik kepada SultengNews.com, Senin (14/3/2022).

“Sekarang sementara menyusun proposal untuk pemecahan dua fakultas, setelah itu dibawa ke Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S Pettalongi, M.Pd dalam upaya meminta rekomendasi beliau, sebelum proposal tersebut diajukan ke pusat,” sambung Dr. H. Sidik.

Kemudian, untuk program unggulan kedua yang menjadi periotas lainnya yakni dengan upaya meningkatkan akreditasi di setiap Program Studi (Prodi), sehingga diharapkan  kedepannya tidak ada lagi Prodi yang berjumlah 8 Program Studi tersebut memiliki nilai status akrditasinya C atau baik.

“Minimal kita upayakan bisa Baik Sekali atau B, dan ditingkatkan kembali menjadi Unggul,” kata Dr. H. Sidik.

“Dengan adanya peningkatan akreditasi di masing-masing Prodi maka itu pula mempengaruhi terhadap naiknya peningkatan status akreditasi lembaga kampus UIN Datokarama Palu. Olehnya, kita berharap bersama dukungan penuh oleh semuanya,” katanya menambahkan.

Pada poin terakhir atau poin ketiga dalam perioritas yang harus terealisasi di masa kepemimpinan menjabat sebagai Dekan FUAD, yakni memfokuskan agar dilingkungan Fakultas dan Program Studi, sudah menerapkan pemberlakuan digitalisasi informasi atau biasa disebut dengan telah menerapkan atau berbasis Informasi Teknologi (IT).

“Karena ini bagian dari program lembaga kampus, maka baik yang berkaitan dengan akademik, perkuliahan dan apapun itu, sudah sepatutnya semuanya diupayakan telah menggunakan digitalisasi program atau berbasis IT,” harapnya.

Untuk itu, pesan Dr. H. Sidik, agar seluruh komponen yang terlibat, baik dalam jajaran pimpinan fakultas, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, serta lainnya, untuk ikut mendukung dan mensukseskan seluruh rangkaian program unggulan yang ada di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah tadi.

“Semua unsur pimpinan, Dekan, Wakil Dekan, ketua-ketua pimpinan, Kabag Administrasi dan lembaga dibawahnya, semua harus memberikan dukungan, bagaimana agar mencapai sasaran itu harus ada kerjasama yang baik dengan setiap stakeholder. Karena tanpa dukungan dari mereka semua, saya kira sulit untuk mencapai program-program tersebut. Untuk itu, mari kita bersama-sama dalam menyelesaikan program tersebut secara bersama-sama,” tegas Dr. H. Sidik.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.