Tiga Daerah di Sulteng Siap Dilakukan Vaksinasi

oleh -
Kepala Bidang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng, Meyke Wongkar. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Tiga daerah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) siap dilakukan vaksinasi, ketiga daerah itu yakni Kabupaten Poso, Donggala dan Kota Palu.

Kepala Bidang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng, Meyke Wongkar mengatakan, saat ini vaksin covid-19 sinovac yang berada di instalasi Farmasi Sulteng sesuai pengiriman tahap pertama yaitu 11.000 dosis vaksin dan tahap kedua 11.120 dosis vaksin, sehingga keseluruhannya terdapat 22.120 dosis vaksin.

“Namun, semua vaksin itu belum diberikan kepada sejumlah kabupaten dan kota di Sulteng, karena secara tertulis dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan) hanya ada 2 kabupaten dan 1 kota yaitu Kabupaten Poso dan Donggala serta Kota Palu,”ujarnya.

Meyke menerangkan, tahap pertama merupakan vaksin covid-19 sinovac di Januari 2020. Akan tetapi, untuk di bulan Februari 2020 akan tersebar seluruhnya di semua kabupaten di Sulteng.

“Jadi untuk tahap pertama masih di 2 kabupaten dan satu kota tadi,”terangnya.

Meyke menjelaskan, untuk pendistribusian ke masing-masing kabupaten akan diberikan terlebih dahulu setengahnya dan bulan selanjutnya akan diberikan sepenuhnya.

“Pendistribusian ke masing-masing kabupaten karena ini ada dua tahap, jadi kami berikan setengah, misalnya kabupaten Poso 2.840 dosis vaksin, Kota Palu kita berikan setengahnya dari total 11.420 dosis vaksin, untuk Kabupaten Donggala 2.680 dosis vaksin,”jelasnya.

“Jadi kita tidak berikan sepenuhnya, nanti setengahnya lagi kita berikan satu Minggu kedepan, jadi masih ada stok di kami,”tambahnya.

Menurut Meyke, setengah pendistribusian ke sejumlah kabupaten, karena pihaknya takut jika ada penyimpanan dosis vaksin covid-19 sinovac tidak tertampung.

“Karena kami takut penyimpanan tidak tercukupi, jadi bertahap kami berikan, jadi pada saat mereka mengambil kamu berikan setengahnya dari jumlah yang sudah di data Kemenkes berikan kepada Farmasi,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *