Terkait Status 2 Pasien di Ruang Isolasi, RS Undata Tunggu Hasil Laboratorium

oleh -
Direktur RSUD Undata, dr Komang Adhi Sujendra,SP PD saat konferensi pers bersama sejumlah wartawan di RSUD Undata, Minggu (15/03/2020). FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata, masih menunggu hasil sampel dua pasien terindikasi virus vorona yang dikirim ke Jakarta untuk memberikan status dua pasien tersebut apakah positif virus corona atau tidak.

“Sampel dua pasien akan di kirim ke Laboratorium di Jakarta. Menunggu hasil itu, baru bisa kita nyatakan pasien itu covid 19 atau tidak,” kata Direktur RSUD Undata, dr Komang Adhi Sujendra,SP PD saat konferensi pers bersama sejumlah wartawan di RSUD Undata, Minggu (15/03/2020).

Dia menerangkan, kedua pasien adalah wanita berusia 62 tahun dan 16 tahun. Keduanya masuk ke Undata hampir bersamaan, sehingga langsung dibawa ke ruangan Dahlia atau ruang isolasi sesuai dengan protap dan dirawat secara terpisah.

“Kedua pasien wanita itu, kami isolasi di ruangan Dahlia yang memang sebelumnya merupakan ruangan isolasi seperti virus flu burung, Sars dan Mers. Kami juga sudah menyiapkan SOP,” terangnya.

Dikatakan, pihak RSUD Undata sudah melakukan penanganan pasien sesuai dengan buku pedoman kesiap siagaan menghadapi corona virus atau disis covid 19 yang langsung dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan yang sempat direvisi dua kali.

“Ini kan merupakan pasien yang dapat menular yang disebabkan oleh virus corona, dalam tata laksananya ada definisi operasional terhadap kasus itu sendiri. Jadi tidak sembarang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Covid 19 RUSD Undata yang juga Dokter Spesialis Penyakit Ahli Dalam, dr Eva Yunita Wirdiastuty,SP PD mengatakan, hari ini akan diambil lab (sampel) untuk pemeriksaan konfirmasi covid 19 yang akan dikirim ke Jakarta.

“Kami sudah menghubungi Dinas dan berkordinasi dengan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk pengambilan sampel, rencananya sampel akan diambil hari ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan, seharusnya secepatnya untuk pengambilan sampel. Rencananya, sampel hari ini juga dikirim. Kemungkinan besok sudah sampai dan sudah masuk di laboratorium kesehatan untuk diperiksa hasil sampelnya.

“Karena kami baru pertamakali mengirimkan sampel, jadi kami belum bisa memberikan jawaban kapan kira-kira sampel sudah ada hasilnya. Tapi janji dari laboratorium kesehatan secepatnya,” pungkasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *