Terima Presiden Mahasiswa Untad, Wagub Sampaikan Potensi Daerah Sulteng

oleh -
Wakil Gubernur Sulteng, Drs. Mamun Amir menerima presiden mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) Moh. Wiranto Basatu dan Anggota BEM Untad lainnya di Ruang Kerja Wagub, Jumat (19/11/2021). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs. Mamun Amir menerima Presiden Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) Moh. Wiranto Basatu dan Anggota BEM Untad lainnya di Ruang Kerja Wagub, Jumat (19/11/2021).

Pada kesempatan itu, Presiden Mahasiswa Untad, Moh. Wiranto Basatu menyampaikan perlunya dilakukan seminar untuk menyatukan gagasan sebagai masukan kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan Pembangunan dan Investasi yang ramah lingkungan.

Wagub Sulteng, Drs. Mamun Amir menyampaikan bahwa dia dan Gubernur H. Rusdy Mastura akan meletakkan pondasi yang kokoh untuk generasi selanjutnya.

Wakil Gubernur menyampaikan bahwa Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur yakni “Gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju” yang akan dicapai dengan 9 misi, pembangunan kualitas SDM melalui pendidikan vokasi.

Wagub mengatakan, kedepan semua jenjang pendidikan perlu ada pendidikan vokasi untuk mempersiapkan angkatan kerja sesuai kebutuhan perusahan yang berinvetasi.

Wagub menyampaikan bahwa daerah ini memiliki potensi pertambangan, sehingga perlu investasi dan mendorong Perusahaan Daerah (Perusda) untuk ikut mengelola potensi tambang tersebut.

Menurut Wagub, daerah akan sulit berkembang jika tidak ada investasi, sehingga pemerintah mendorong ada investasi di daerah dengan konsep ramah lingkungan.

“Sulteng memiliki potensi pertanian, perkebunan, kelautan dan budidaya perikanan, sehingga pemerintah terus mendorong untuk mempersiapkan Sulteng sebagai daerah penyangga dan pusat logistik ibu Kota Negara Baru,” ujar Wagub.

Wagub mengatakan, investasi tidak boleh mengganggu keberadaan potensi tersebut. Apalagi gubernur belum lama ini, telah bertemu menteri Kelautan dan Perikanan untuk mengusulkan Pembangunan Kawasan Industri Perikanan dan Optimalisasi Pengelolaan Budidaya Tambak Udang di Sulteng.

Wagub menyampaikan bahwa untuk mempercepat realisasi rehabilitasi dan rekontruksi dampak bencana Gempa Bumi Sulawesi Tengah, Gubernur sudah mengambil alih seluruh permasalahan yang terjadi dan penyediakan seluruh anggaran untuk bantuan kepada Kabupaten dan Kota Palu yang terdampak bencana sebesar 61 Miliar dari APBD Perubahan Tahun 2021.

“Prioritas Pemerintah Provinsi kedepan adalah untuk pembangunan infrastruktur daerah untuk mewujudkan koneksitas antar daerah menuju Ibu Kota Baru,” katanya.

Gubernur dan Wakil Gubernur sudah mengambil langkah – langkah strategis untuk mewujudkan program tersebut walaupun adanya keterbatasan fiskal daerah. Hal ini kata Wagub harus dilakukan untuk adanya loncatan pembangunan di Sulteng.

Wagub meminta agar mahasiswa, dapat terus mendukung program pemerintah termasuk memberikan pencerahan kepada masyarakat agar mematuhi dan melaksanakan dengan baik protokol kesehatan dan juga kalau ada masalah atau informasi yang perlu penjelasan Wagub minta agar tidak perlu melakukan demontrasi di Jalan.

“Mari kita diskusikan dengan baik dan yakinlah pemerintah akan melakukan yang terbaik buat masyarakat,” kata Wagub.

Wagub menyampaikan, dengan rendahnya fiskal daerah pada APBD, sehingga gubernur dan Wagub sudah mengambil kebijakan akan mengurangi seluruh belanja kegiatan yang sifatnya serimonial dan juga belanja perbaikan dan pembangunan kantor.

Alokasi belanja APBD kedepan, diprioritaskan untuk penyelesaian visi dan misi gubernur yang berhubungan dengan kepentingan rakyat, sekolah gratis, memberikan bantuan untuk rakyat yang kurang mampu setiap lebaran, pembangunan infrastruktur yang mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran dengan pelaksanaan yang efektif dan efisien

“Tembak burung dengan katapel, bukan dengan meriam dan sengsara membawa nikmat, bukan nikmat membawa sengsara,” tutup Wagub. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.