Temui Gubernur, Bupati Touna Laporkan Rencana Pembangunan PLTA di Sungai Bongka

oleh -
Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura saat menerima Bupati Tojo Una Una (Touna), Moh. Lahay, SE dan Pihak PT. Bongka Nova Energi di ruang kerja gubernur, Senin (7/3/2022). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura menerima Bupati Tojo Una Una (Touna), Moh. Lahay, SE dan Pihak PT. Bongka Nova Energi di ruang kerja gubernur, Senin (7/3/2022).

Dalam kesempatan itu Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudy Dewanto, SE,Ak, MM, Tenaga Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Investasi Ronny Tanusaputra, Tenaga Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan, Antar Lembaga dan HAM M. Ridha Saleh, S,Sos, MH.

Pada kesempatan itu, Bupati Tojo Touna Mohammad Lahay menyampaikan bahwa PT. Bongka Nova Energi akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air di Sungai Bongka, Kabupaten Tojo Touna. Untuk itu, diharapkan dukungan gubernur untuk memberikan rekomendasi percepatan realisasi pembangunannya.

Gubernur H. Rusdy Mastura menyampaikan sepanjang sudah mendapat persetujuan Bupati Tojo Touna, maka gubernur pasti menyetujui segala persyaratan yang dibutuhkan agar segera dilengkapi.

Gubernur juga menyampaikan dukungannya kepada seleruh bupati dan Wali Kota, agar mendukung seluruh investasi di wilayahnya, serta mendorong dan memberikan dukungan kepada investor untuk dapat segera mengelola potensi alam yang ada di daerahnya.

“Kita bersyukur, saat ini beberapa daerah sudah memiliki invesastasi besar seperti di Morowali, Morowali Utara dan Banggai yang memiliki tambang Nikel dan Gas,”ujar Gubernur, H. Rusdy Mastura.

Gubernur juga menyampaikan, di Kabupaten Banggai Laut (Balut) juga akan segera dibangun Kawasan Industri Halal. Kemudian di Donggala akan segera dibangun Food Estate untuk mendukung kebutuhan Ibu Kota Negara (IKN). Sementara di Kabupaten Sigi, Poso dan Parigi Moutong akan dipersiapkan menjadi daerah pertanian sebagai penyangga IKN dan investasi harus memberikan dampak terhadap fiskal daerah melalui Perusahaan Daerah (Perusda).

Selanjutnya, gubernur menyampaikan bahwa potensi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sangat besar di Sulteng, sehingga membutuhkan investasi untuk mengelola potensi tersebut .

Diakhir pertemuan itu, gubernur menyampaikan bahwa untuk meningkatkan daya saing desa dalam waktu dekat, sudah dilaksanakan penandatangan kesepakatan dengan Kementerian Desa (Kemendes) untuk pelaksanaan Smart Village dan kesepakatan itu akan ditandatangani di Pulau Togean Kabupaten Tojo Touna. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.