Tahun Ini, Perioritas Penerimaan ASN Jalur P3K

oleh -
Kepala Bidang Pengembangan Karier dan Disiplin Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Palu, Fitri Mastura. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota Palu memastikan, tahun ini pemerintah pusat hanya membuka penerimaan prioritas menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dari jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K).

Kepala Bidang Pengembangan Karier dan Disiplin Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Palu, Fitri Mastura, membenarkan jika secara serentak, secara nasional, pemerintah pusat sesuai dengan informasi yang diterima, tidak membuka penerimaan ASN dari jalur CPNS tahun ini.

Namun, kata dia, bahwa pemerintah pusat tahun ini, lebih focus dan memperioritaskan penerimaan dari jalur P3K untuk penerimaan ASN.

“Informasi terakhir dari pusat belum ada, hanya fokus penerimaan di P3K,” kata Fitri Mastura kepada SultengNews.com saat ditemui langsung di ruangannya Jumat (21/1/2022) pagi.

“Informasi ini secara serentak, senasional, bukan hanya di kota Palu saja atau di masing-masing daerah tertentu tetapi nasional, tidak ada penerimaan ASN dari jalur CPNS,” sambung Fitri Mastura.

Dia menambahkan, sesuai dengan regulasi atau aturan yang ada, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baik P3K maupun PNS sendiri, sama-sama diangkat dan dipekerjakan oleh pemerintah, menerima gaji yang sama sesuai dengan hak-haknya, hanya yang membedakan untuk P3K sendiri tidak menerima dana pensiun sementara PNS terima.

“Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak, di dalamnya dimuat tentang ASN terbagi atas dua, yakni PNS dan P3K,” sebutnya.

Kemudian, lanjut Fitri Mastura, meskipun pemerintah kota Palu tidak mengadakan penerimaan ASN dari jalur CPNS, tentunya bagi masyarakat kota Palu yang ingin berpartisipasi dalam penerimaan ASN jalur CPNS bisa mengikuti penerimaan CPNS yang dibuka oleh masing-masing kementerian terkait.

“Bisa lewat kementerian, kementerian biasanya buka, boleh tahun ini berpartisipasi melalui kementerian dahulu,” ungkap Fitri Mastura.

Fitri pun tegaskan, di dalam penerimaan ASN, seutuhnya merupakan hasil kerja keras dari masing-masing calon pelamar ketika diterima menjadi ASN, tanpa adanya bantuan dari orang lain.

“Semua orang memiliki kesempatan yang sama, kelulusan peserta adalah hasil prestasi dan hasil kerja keras sendiri. Dia belajar, dia maksimal, tentu dia lulus, pokoknya kalau orang yang belajar sungguh-sungguh, Insya Allah bisa berhasil,” tegas Fitri Mastura.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.