Tahun Ini, Pemkab Sigi Genjot Pembangunan Infrastruktur

oleh -

SIGI, SULTENGNEWS.com – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi bakal menggenjot pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah tersebut, khususnya di wilayah Kulawi Raya yang meliputi Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan, Lindu dan Pipikoro. Hal itu dikatakan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta SSos MSI, kepada wartawan belum lama ini.

Ia menerangkan, bahwa salah satu yang ia prioritaskan adalah tindak lanjut pembukaan jalan Kalamanta-Sope yang nantinya menghubungkan Kabupaten Sigi dengan Kabupaten Luwu Utara yang sekaligus menghubungkan pula Sulteng dengan Sulsel.

“Bukan hanya membuka jalan antar kabupaten, ke depannya ruas jalan ini terbuka antara dua provinsi yang telaknya sangat berjauhan, tapi bisa bertemu. Ini akan jadi akses penting ke depan, sehingga kami serius mewujudkannya,” ujar Bupati.

Menurutnya, untuk tahun 2018 ini pihaknya menganggarkan sekira Rp11,6 miliar untuk melanjutkan pembukaan jalan tersebut. Ia pun intensif melakukan lobi di Jakarta guna memperoleh program maupun bantuan dana dari pemerintah pusat.

“Kami terus mengusahakan suntikan dana dari pusat guna membantu alokasi anggaran Pemkab Sigi. Itu karena kalau kami hanya terpaku pada APBD, akan sulit dan lama untuk bisa menggenjot pembangunan di daerah ini. Kalau anggarannya lancar, kemungkinan tahun 2020 mendatang Sigi sudah bisa tembus dengan Sulsel di Luwu Utara,” sambungnya.

Selain itu, katanya, tahun ini juga memprogramkan perbaikan jalan di Desa Toro Kecamatan Kulawi dengan anggaran sekira Rp5 miliar. Ada pula beberapa ruas jalan di wilayah Bolapapu.

“Saya mengajak masyarakat Sigi, khususnya Kulawi Raya untuk mendukung program Pemkab Sigi, terutama menyangkut peningkatan infrastruktur dengan harapan perekonomian masyarakat juga dapat terangkat,” pungkasnya. URY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *