Tahapan Dilanjutkan 15 Juni, Pilkada Tetap Dilaksanakan 9 Desember 2020

oleh -
Gubernur Sulteng Drs. Longki Djanggola, M.Si didampingi Sekdaprov Sulteng Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si, Asisten Administrasi Pemerintahan Ir. H. Faisal Mang, MM, Asisten Administrasi Umum, Hukum dan Organisasi H. Mulyono, SE.Ak, MM dan pejabat terkait saat mengikuti rapat virtual bersama Mendagri, Jumat (5/6/2020). FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan tetap dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Penetapan tersebut ungkap mantan Kapolri ini, telah disetujui Komisi II DPR-RI pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Mendagri dan KPU RI pada 27 Mei lalu.

Berdasarkan kesepakatan itu, maka kelanjutan tahapan pilkada serentak akan dimulai lagi 15 Juni mendatang.

Hal itu disampaikan Mendagri saat melakukan rapat virtual bersama beberapa kepala daerah dan KPU Provinsi yang melaksankan Pilkada pada Jum’at (5/6/2020).

Sulteng adalah satu diantara 270 wilayah yang akan melaksanakan pilkada serentak meliputi pilkada gubernur dan pilkada bupati/walikota.

Sebagai diketahui, meski tahapan pilkada Sulteng ikut tertunda karena pandemi covid-19, akan tetapi pendanaan hibah pilkada lewat APBD 2020 tidak teralihkan untuk kegiatan lain.

Sejauh ini, besaran dana yang telah dialokasikan pemprov untuk KPU Sulteng mencapai Rp158,178, Bawaslu sebesar Rp56 Miliar, Polda Sulteng Rp20 Miliar dan Korem 132/TDL Rp5 Miliar.

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming menyampaikan ke Mendagri, agar jajaran penyelenggara pemilu mendapat jaminan kesehatan saat bekerja berupa alat proteksi diri dan rapid test.

Merespon itu, mendagri mengisyaratkan penyelenggara pemilu melakukan rasionalisasi anggaran supaya bisa dialihkan ke item tahapan yang lebih mendesak seperti pengadaan alat proteksi diri dan keamanan. Mendagri juga menghaparkan KPU bisa mempertimbangkan usulan memangkas masa kampanye dari 71 hari yang dinilai terlalu lama guna mencegah penularan covid-19.

Sebelum mengakhiri arahan, mendagri menekankan kembali pentingnya kedisiplinan penerapan protokol kesehatan sebagai kunci keberhasilan pilkada serentak 2020.

“Ini tantangan bagi bangsa kita untuk menunjukkan pada dunia kita mampu melakukan election (pilkada) di tengah pandemi,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulteng Drs. Longki Djanggola, M.Si dalam rapat virtual itu menyampaikan bahwa di Sulteng ada beberapa daerah yang akan melaksanakan Pilkada yakni Banggai, Banggai Laut, Tojo Unauna, Morowali Utara, Tolitoli, Sigi, Poso dan Kota Palu.

Rapat virtual bersama Mendagri itu, juga diikuti Sekdaprov Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si, Asisten Administrasi Pemerintahan Ir. H. Faisal Mang, MM, Asisten Administrasi Umum, Hukum dan Organisasi H. Mulyono, SE.Ak, MM dan pejabat terkait.

Sumber : Ro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.