Surga Telinga, Benarkah Ampibabo Disiapkan Ibu Kota Kabupaten Jika Parigi Jadi Kota Madya

oleh -
oleh
Bupati Parigi Moutong Samsurizal saat melakukan sosialisasi Penjaringan bakat anak usia dini di SMPN 1 Ampibabo, Senin (6/2/2023). FOTO : IST

PARIGI MOUTONG, SULTENGNEWS.COM – Apakah ini surga telinga lagi buat masyarakat Kecamatan Ampibabo yang disiapkan sebagai Ibu kota Kabupaten jika Parigi menjadi Kota Madya.

Sementara dari hasil pantauan wartauan SultengNews.com, wilayah kecamatan Ampibabo yang terletak dari Desa Tolole hingga batas Desa Lemo, salah satu kecamatan tertua dan telah banyak memekarkan kecamatan. Namun memiliki jalan yang tidak selebar dengan jalan yang ada di kecamatan tetangganya.

Dengan melihat kondisi dilapangan, apakah Bupati Parimo saat ini memiliki peran untuk menyiapkan kecamatan Ampibabo sebagai pusat ibu kota kabupaten, jika nantinya ibu kota Parigi dijadikan sebagai Kota Madya.

Kata Samsurizal Bupati Parigi Moutong, sesuai aturan yang ada, apabila satu wilayah atau Ibu kota Kabupaten mengusulkan dijadikan Kota Madya maka satu kota kecil tidak boleh ada dua kabupaten yang sederajat.

Dalam hal ini kata ia, apabila Parigi jadi Kota Madya maka kabupaten harus pindah, maka salah satunya Kecamatan Ampibabo di calonkan menjadi Kabupaten.

“Kemarin saya undang teman-teman Sidole agar memperjuangkan Sidole menjadi Kecamatan Sidole. Bukan memperkecil kecamatan Ampibabo tetapi agar supaya tidak repot dan tidak merubah undang-undang lagi, karena rencana saya Kabupaten Tomini Raya batas Kecamatan Tinombo Selatan. Ampibabo cukup Eks Ampibabo, tidak mungkin kita ambil juga Toboli Kecamatan Parigi Utara, pasti Parigi tidak mau melepas,” kata Bupati Parimo kepada SultengNews.com.

Masih menurutnya, Pemekaran Kecamatan Sidole harus diperjuangkan, dan bukan memperkecil Kecamatan Ampibabo tetapi demi untuk yang lebih besar. Agar Ampibabo siap tanpa mempreteli wilayah lain misalnya mengambil wilayah Parigi Utara masuk dalam bagian Kabupaten Ampibabo.

“Ini starategi yang saya kembangkan dari dulu. Olehnya kita fokuskan dulu Parigi untuk merebut Adipura. Jika sudah direbut Adipura maka mudah bagi kita Parigi dijadikan Kota Madya. Pasti yang akan dipertanyakan nanti jika Parigi menjadi Kota Madya, ada ngak wilayah yang dipersiapkan untuk menjadi Kabupaten?, maka itulah saya mempersiapkan Kecamatan Ampibabo menjadi Ibu Kota Kabupaten ,” ujar Samsurizal saat melakukan sosialisasi Penjaringan bakat anak usia dini di SMPN 1 Ampibabo, Senin (6/2/2023).

Jika Ampibabo menjadi Kabupaten, wilayahnya adalah Kecamatan Kasimbar, Kecamatan Toribulu, Kecamatan Ampibabo, Kecamatan Siniu ditambah Calon Kecamatan Sidole yang masih dalam tahapan perjuangan oleh tokoh pejuang Kecamatan Sidole.(*/ZAL)

Sumber: DISKOMIFO PARIGI MOUTONG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.