SMP Negeri 19 Palu Masih Kekurangan Siswa

oleh -

PALU, SULTENG NEWS.com – Kepala SMP Negeri 19 Palu, Ilman Usman, S.Pd, M.Pd menyatakan bahwa sekolah yang dipimpinnya masih kekurangan sekira 80-an siswa, disebabkan perlunya verifikasi kembali perihal sistem zonasi terkait persoalan Pendaftaran Peserta Didik Baru  (PPDB) yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Palu.

“Sekolah kami masih kekuranggan sekitar  80-an siswa, dari jumlah siswa yang harus diterima 160 siswa,” ujarnya Ilman Usman kepada sultengnes.com di ruang kerjanya, Senin (15/7/2019).

Menurutnya, sistem zonasi yang merupakan salah satu kebijakan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mengharuskan kepada siswa untuk bersekolah dengan jaraknya tidak jauh dari rumahnya, merupakan kebijakan yang sangat baik. Hanya saja, dalam penerapannya mengalami banyak kendala, salah satunya masih banyak sekolah yang kebinggunggan menetapkan zonasi, karena dalam satu wilayah, terdapat lebih dari satu sekolah.

“Untuk tahun ini, SMPN 19 Palu mengalami penurunan siswa baru. Karena hanya menerima 76 siswa baru. Padahal tahun 2018 lalu, kita menerima sebanyak 112 siswa baru,” tuturnya

”Harusnya Dinas Pendidikan Kota Palu, menetapkan batas teritoril masing-masing sekolah dalam penetapan zonasi, agar tidak tumpang tindih dalam menetukan wilayah,” tambahnya. NAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *