Situs Peninggalan Sejarah Jembatan Belanda Parimo Terancam Hilang

oleh -
Inilah situs sejarah Jembatan Belanda di Kecamatan Palasa, Kabupaten Parigi Moutong. FOTO : IST

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Situs peninggalan sejarah jembatan peninggalan penjajahan Belanda pada tahun 1936 yang berada di Kecamatan Palasa, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng) terancam hilang.

Pasalnya, kondisi jembatan Belanda, kini terlihat memprihatinkan,sebab beberapa kayu jembatan itu sudah ada yang retak.

Pemilik kedai yang bertempat disekitar jembatan Belanda itu, Andre membenarkan hal itu, sesuai dengan penelusuran langsung di jembatan tersebut.

“Benar, jembatan ini cepat atau lambat akan roboh jika kita lihat dari kondisinya saat ini,”ujar Andre, kepada sultengnews.com, Sabtu (22/08/2020).

Menurutnya, akibat usia jembatan yang sudah puluhan tahun berdiri itu, menjadi salah satu penyebab retaknya kayu jembatan, terlebih lagi kurangnya perhatian dari pemerintah.

“Usia jembatan yang sudah sangat tua, sehingga bahan dan bangunan yang sudah tidak lagi kokoh seperti dulu, karena dimakan waktu, dan juga perhatian yang kurang, ini bisa menyebabkan hilangnya situs peninggalan sejarah di Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Parimo,”terangnya.

Andre juga berharap, kedepannya masyarakat dapat menjaga dan merawat situs sejarah jembatan Belanda, dan kiranya pemerintah lebih memperhatikan jembatan tersebut.

“Harapannya semoga kita masyarakat tetap menjaga dan melestarikan situs sejarah ini, terlebih untuk pemerintah menambah perhatiannya terhadap situs-situs peninggalan sejarah, karena kita ketahui di Sulteng sudah ada beberapa situs bersejarah seperti jembatan peninggalan jaman belanda telah hilang tanpa bekas,”tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *