Siswa SMP Al-Azhar Mandiri Palu Borong Prestasi Akademik

oleh -
Kepsek SMP Al-Azhar Mandiri Palu, Yuniarti (tengah), bersama siswa prestasi dan guru pembimbing. FOTO : IST

Yuniarti, Mengulas Trik Untuk Meraih Prestasi Akademik Siswa SMP Al-Azhar Mandiri Palu

PALU, SULTENGNEWS.COM – Bulan Februari tahun 2022 kemarin, siswa SMP Al-Azhar Mandiri Palu borong prestasi akademik yang diselenggarakan oleh beberapa penyelenggara bidang lomba tingkat nasional.

Dalam mengikuti ajang lomba tingkat nasional, siswa SMP Al-Azhar Mandiri Palu meraih sejumlah prestasi. Diantaranya siswa kelas VIII DzakyAlmer Jamail Akbar, Juara 1 Tingkat Nasional dalam ajang lomba Zeta Science Competition 2022 tingkat SD/SMP/MTs dan SMA/SMK sederajat yang diselenggarakan oleh Zeta Institute, secara online.

Kemudian, ada Victor Darrel Anggrianto yang meraih medali emas dalam ajang lomba Olimpiade Sains Nasional 2022 Tingkat SD, SMP, SMA/SMK sederajat yang diselenggarakan oleh Olimpiade Nasional (Olnas) secara daring.

Amira Azka Aribah siswa SMP Al-Azhar Mandiri Palu, meraih medali emas dalam ajang lomba Olimpiade Sains dan Pendidikan Agama Islam, yang dilaksanakan oleh IPNU. Belum lagi deretan prestasi siswa lainnya yang meraih sejumlah prestasi akademik dan membanggakan SMP Al-Azhar Mandiri Palu, sebagai sekolah ternama di kota Palu, provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Al-Azhar Mandiri Palu Yuniarti H. Tunekon, M.Pd, menguraikan, bagaimana cara agar siswa SMP Al-Azhar Mandiri Palu untuk bisa meraih prestasi akademik, baik tingkat lokal, tingkat nasional dan bahkan hingga ke tingkat internasional sekaligus.

“Alasan mengapa kami mengikutsertakan siswa kami pada beberapa ajang lomba setiap bulannya adalah karena kami memiliki target,” kata Yuniarti kepada SultengNews.com, Jumat (11/3/2022) sore.

“Ajang tersebut menjadi tolak ukur kami adalah ingin melihat sejauh mana anak-anak didik kami menguasai materi yang telah diberikan. Apakah mereka sudah mampu atau masih kurang dalam penguasaan terhadap materi tertentu. Dasarnya, setiap mengikuti lomba apabila anak-anak kami menemukan soal yang terbilang sulit, maka soal tersebut akan dibahas kembali secara detail,” sambung dia.

Artinya, Yuniarti menambahkan,  untuk meraih prestasi siswa dibutuhkan kegigihan, keuletan dan semangat belajar, baik dari siswa yang bersangkutan maupun bagi guru pembimbingnya.

Misalnya, kata Yuniarti, jika ada soal yang belum dimengerti dan masuk dalam pembahasan soal yang diikutkan dalam setiap ajang lomba, tentunya soal tersebut harus benar-benar bisa diketahui sehingga dapat meyakinkan bahwa seluruh soal semuanya dapat dipelajari dan dimengerti, baik itu siswa maupun guru pembimbingnya langsung.

“Tujuannya tidak lain, kita tahu mereka kurangnya dimana, lebihnya dimana, jadi ada tolak ukurnya kita. Mereka siap atau tidak di program pemerintah, sehingga memang betul-betul kita asah mereka untuk meraih prestasi. Jadi kita tahu, kita evaluasi dimana kurangnya, misalnya materi ini, maka kita pelajari kembali dan diajarkan kepada siswanya. Gurunya belajar, muridnya juga harus belajar,” ujarnya.

Sementara terpisah, guru Biologi Devyana Natalia Tamarol dan guru Fisika Ma’rifani Syam, pembimbing siswa yang sering meraih prestasi akademik tingkat nasional, dua-duanya sepakat menjawab, kalau hasil raihan prestasi akademik yang sering diraih oleh siswa SMP Al-Azhar Mandiri Palu, tidak lepas oleh semangat mereka untuk belajar, baik ketika berada di sekolah maupun ketika sudah berada di rumahnya.

Di rumahnya siswa tersebut, meskipun telah selesai pembelajaran dan tanggung jawab seorang guru, namun tetap menyemangati siswa untuk terus belajar dengan cara terus memberikan soal-soal yang harus dipelajari oleh siswa yang bersangkutan, meski itu hanya melalui pesan Watshapp milik siswa tersebut.

“Bimbingan itu kita adakan setiap hari, bimbingan bukan hanya di sekolah, biasanya di rumah, biasanya kita kasih soal lagi via WA. Jadi mereka reviu kembali tugas agar mudah mengingat soal yang sulit karena memang kita sudah mengajarkan dan mengingatkan mereka untuk tekun belajar,” sahut Devyana Natalia Tamarol dan dibenarkan Ma’rifani Syam.

Dzaky Almer Jamail Akbar, siswa kelas VIII SMP Al-Azhar Mandiri Palu meraih prestasi juara 1 tingkat Nasional bulan Februari, dia tekankan, untuk meraih prestasi akademik tidaklah mudah. Butuh semangat belajar yang tinggi, disiplin dan mengikuti seluruh arahan-arahan dari guru pembimbing, jika ingin meraih prestasi akademik.

“Yang pertama itu kita harus disiplin apalagi kalau dalam belajar, pertahankan semangat belajar itu juga penting, kalau tidak ada semangat belajar itu kita belajar bakal tidak masuk di otak. Guru pembimbing dan orang tua beberapa factor yang sangat penting karena keluarga itu juga yang memberikan kita dukungan diluar bimbingan. Guru pembimbing sangat luar biasa, karena kita dapat ilmunya dari mereka, karena sumber ilmunya itu sudah berpengalaman dalam mengajar. Jadi kita lebih nyaman pas belajar, gurunya mengerti rasa membimbing siswa itu seperti apa,” tegas dia dengan dibenarkan Victor peraih medali emas tingkat nasional bulan Februari lalu.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.