Sindikat Perdagangan Narkoba di Rutan Palu Terbongkar

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Sindikat perdagangan narkoba di Rumah Tahanan (Rutan) Maesa Palu akhirnya terbongkar, saat Dirnarkoba berhasil menyita 1 kilogram sabu di Bandara Sis Aljufri Palu.

Terbongkarnya sindikat itu, setelah penangkapan terhadap kurir narkoba di bandara, kurir tersebut sedang melakukan komunikasi dengan salah seorang penghuni Rutan Maesa Palu berinisial Y.




Hal itu diungkapkan Kepala Rutan (Karutan) Maesa Palu, Yansen kepada sejumlah wartawan di Rutan Maesa, Rabu (12/02/2020).

Yansen mengungkapkan, masalah narkoba di Rutan Maesa Palu punya keterkaitan dengan penangkapan yang dilakukan Kasubid III Narkoba beserta anggotanya di Bandara Sis Aljufri Palu.

“Tadi malam belio (Kasubid III Narkoba) menelfon tepatnya jam 10 malam menyampaikan hal tersebut dan saya apresiasi sekali,” ujarnya.

Saat mengetahui hal itu, Yansen langsung melakukan penggeledahan di Rutan Maesa Palu dan mendapatkan satu buah handphone.

“Di duga handphone itu menjadi alat komunikasi antara kurir narkoba dan tahan Rutan Maesa Palu,” ujarnya.

Yansen menyebutkan, saat ini tersangka Y sudah dimintai keterangan untuk pengembangan proses pemeriksaan.

“Y kami mintai keterangan, siapa – siapa saja yang di dalam rutan ataupun yang di luar rutan, itu yang akan menjadi pengembangan dalam proses sindikat narkoba di Rutan Palu,” sebutnya.

“Dari Rutan Maesa Palu sendiri, pasti akan selidiki lagi lebih lanjut mengenai kasus peredaran narkoba. Sementara Y kita karantinakan dulu atau kita isolasi,” imbuhnya.




Yansen menuturkan, dugaan Y melakukan kontrol peredaran narkoba melalui Rutan Maesa Palu belum ada pengakuan dari yang bersangkutan.

“Apakah Y mengontrol dari dalam rutan, Y belum mengkui. Namun kami bersama Polda akan terus mencari perkembangan,” tuturnya.

Yansen menambahkan, untuk mengantisipasi peredaran narkoba, akan melaksanakan razia secara rutin kedepan.

“Untuk mengantisipasi ini, kami akan lebih giat lagi melaksanakan razia di dalam rutan, walaupun memang sudah kita laksanakan secara rutin sebulan 3 kali,” tambahnya.




Selanjutnya, Yansen menyampaikan, pihaknya akan terus menjaga sinergitas bersama Polda Sulteng, Polres dan BNN Sulteng.

“Maksud dari kerjasama itu adalah menindaklanjuti bahkan menghilangkan sindikat yang ada di dalam rutan ini, itu sudah menjadi niat kami di rutan dan sudah menjadi niat awal buat saya menjabat di rutan Palu ini,” tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *