Siapa Calon PAW Thompa Yotokodi; Berikut Perolehan Suara Partai Gerindra Dapil Palu Timur – Mantikolore

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) kembali kehilangan salah satu kader terbaiknya yang duduk sebagai Anggota DPRD Kota Palu yakni, Thompa Yotokodi yang meninggal dunia sekira pukul 15.30 Wita di Rumah Sakit Anutapura Palu, Kamis 17 Maret 2022.

Sebelumnya, Partai Gerindra juga telah kehilangan kader terbaiknya yakni Ketua DPRD Kota Palu almarhum Mohammad Ikhsan Kalbi yang meninggal pada Jumat 18 Februari 2022 di Rumah Sakit Anutapura Palu.

Kedua kader Partai Gerindra yang meninggal adalah Anggota DPRD Kota Palu dari Daerah Pemilihan (Dapil) yang berbeda.

Mohammad Ikhsan Kalbi dari Dapil Palu Selatan – Tatanga dan Thompa Yotokodi dari Dapil Palu Timur – Mantikulore.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 tahun 2017 pada pasal 9 ayat satu (1) Anggota DPR, DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota yang berhenti antarwaktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5, digantikan oleh Calon Pengganti Antarwaktu yang memperoleh suara sah terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari Partai Politik yang sama pada Dapil yang sama.

Pada ayat dua (2) Dalam hal Calon Pengganti Antarwaktu Anggota DPR, DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota yang memperoleh suara sah terbanyak urutan berikutnya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meninggal dunia, mengundurkan diri atau tidak lagi memenuhi syarat sebagai calon Anggota DPR, DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota, digantikan oleh Calon Pengganti Antarwaktu yang memperoleh suara sah terbanyak urutan berikutnya dari Partai Politik yang sama pada Dapil yang sama.

Berdasarkan PKPU Nomor 6 tahun 2017 ini, untuk menggantikan almarhum Mohammad Ikhsan Kalbi KPU Kota Palu telah mengirimkan nama Ishak Sandy Tandigala yang memperoleh suara terbanyak ketiga dengan perolehan suara 1.367 pada Pemilu 2019 lalu.

Lalu siapa Calon Pengganti Antarwaktu (PAW) almarhum Thompa Yotokodi, masih menunggu mekanisme partai yang akan menyurat ke DPRD Kota Palu untuk pengajuan PAW.

Namun berdasarkan data yang diperoleh sultengnews.com dari hasil sertifikat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara calon Anggota DPRD Kota Palu dari Dapil Kota Palu I (Palu Timur – Mantikulore) yang tertuang dalam berita acara Nomor : 90/PL.01.7-BA/7271/KPU-Kot/V/2019 tentang rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat Kota Palu Hasil Pemilu tahun2019, diperoleh data suara Partai Gerinra dari Dapil Palu Timur – Mantikulore sebesar 8.020 suara.

Adapun rincian perolehan suara berdasarkan urutan terbanyak yakni :

  1. Thompa Yotokodi sebesar 1.470 suara
  2. Syarif sebesar 1.350 suara
  3. Basmin H. Karin sebesar 817 suara
  4. Diah Tri Purwantini sebesar 787 suara
  5. Muhammad Amin Ponto sebesar 679 suara
  6. Darwin Lasoko sebesar 497 suara
  7. Amat, SE sebesar 264 suara
  8. Mohammad Akbar sebesar 233 suara
  9. Hj. Zahabiah Saidin sebesar 219 suara
  10. Aminah M. Amir sebesar 204 suara
  11. Rabiah sebesar 124 suara
  12. Suara Partai sebesar 1.276 suara

Data perolehan suara Partai Gerindra Dapil Palu Timur – Mantikulore ini, sudah diplenokan oleh KPU Kota Palu pada tanggal 9 Mei 2019 lalu di Gedung Olah Raga (GOR) Siranindi Palu. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.