Setiap Tahun, Kuota Hanya Diberi 352 Setiap Penerimaan Siswa Baru di SMP Negeri 1 Palu

oleh -
Kepsek SMP Negeri 1 Palu, Hj. Farida Batjo, S.Pd, M.Pd. FOTO : Mohammad Rizal/SultengNews.com

PALU, SULTENGNEWS.COM – Penerimaan Siswa Baru melalui Jalur Afirmasi, Mutasi, Prestasi dan zonasi telah selesai dilaksanakan oleh setiap instansi sekolah yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Palu, termasuk SMP Negeri 1 Palu.

SMP Negeri 1 Palu sendiri menerima siswa baru pada tahun ajaran baru, tahun ini, hanya bisa menampung 352 siswa baru dengan jumlah maksimal sebanyak 11 kelas saja.

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 1 Palu Hj. Farida Batjo, S.Pd, M.Pd, menjelaskan, pembatasan kuota dalam penerimaan siswa baru setiap tahunnya, itu berdasarkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Olehnya, kata Farida, setiap sekolah termasuk SMP Negeri 1 Palu menerima siswa baru melalui jumlah kuota siswa yang diterima beserta dengan maksimal jumlah kelas yang disiapkan, harus berdasarkan dengan Permendikbud tersebut.

“SMP Negeri 1 Palu menerima siswa baru sebanyak 11 kelas berjumlah 352 siswa,” sebut Hj. Farida kepada SultengNews.com saat ditemui di ruangannya, Selasa (19/7/2022) pagi.

“Jadi, tidak boleh kita main-main dengan aturan itu karena pendanaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Kemendikbud. Pemerintah pusat sudah menentukan kuota siswa yang diterima sesuai dengan daya tampung kelas dan maksimal 11 kelas,” Sambung Hj. Farida.

Dia menambahkan, hal ini karena memang hingga saat ini Pemerintah Daerah sendiri belum memberikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) untuk masing-masing sekolah yang ada, sebagaimana yang telah diberikan dari pemerintah pusat.

“Keinginan masyarakat untuk masuk ke SMP Negeri 1 Palu setiap tahunnya meningkat. PPDB kemarin hampir 500 orang yang mendaftar, tetapi sebahagiaan kita tolak karena aturannya sudah seperti itu,” sebutnya.

“Bagi orang tua siswa yang anaknya belum tertampung di SMP Negeri 1 Palu janganlah kecewa, dan silahkan masuk ke sekolah-sekolah unggulan lainnya agar pendidikan itu dapat dirasakan oleh anak-anak kita semua,” katanya menambahkan.

Kemudian, bagi siswa baru yang telah diterima dan saat ini telah mengikuti proses pembelajaran di kelas dari guru di SMP Negeri 1 Palu, untuk tekun belajar sebagaimana harapan bersama dari orang tua siswa, siswa itu sendiri, agar harapan yang dicapai bisa terwujud melalui pembelajaran di SMP Negeri 1 Palu.

“Untuk guru, silahkan melayani anak-anak dengan senang hati, dengan pendekatan yang baik, humanis dan lebih berkarakter,” jelasnya.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.