Seleksi Pasukan Paskibraka Memasuki Tahapan Akhir

oleh -

Keterangan Foto :

Anggota Paskibraka saat seleksi tahap akhir. FOTO : BAIM/SN

PALU, SULTENGNEWS.com – Memasuki tahap terakhir Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palu terus  menyeleksi ketat calon putra – putrid Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara kemerdekaan pad  17 Agustus 2018 mendatang yang akan berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Palu.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadis Dispora) Drs, Sumardi saat ditemui sultengnews.com diruang kerjanya, Jum’at (7/2/2018) pagi.

“Belajar dari pengalaman tahun lalu, dimana persiapan kita agak terburu-buru, oleh karena itu saya perintahkan kepala bidang (Kabid) hingga kepala seksi (Kasi) tim seleksi paskibraka untuk menyeleksi ketat para calon pasukan pengibar sehingga tidak ada yang ketinggalan,” ungkapnya.

Olehnya dikatakanya, Wakil Wali (Wawali) Kota Palu, Sigit Purnomo selaku ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Palu telah membuka prosesi seleksi mulai tanggal 1 Februari lalu dari tahap satu hingga saat ini dan hasilnya dari 400 pendaftar menjadi 135 orang.

“Saat ini kita sudah memasuki tahap ketiga ini, berarti tinggal 10 hari lagi membentuk Tim seleksi inti guna menggondok atau menyeleksi para calon sehingga pada hari H nanti, menjadi Pasukan purna paskibraka, agar jauh semua persiapan selesai, mulai dari seragam hingga gerakanya” ujarnya lagi.

Dikesempatan yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Kepemimpinan & Kepoloporan Kewirausahaan Dispora Kota Palu, Sarfan S.FIL, mengatakan pihaknya telah menyeleksi calon  paskibraka di sejumlah sekolah yakni di SMA Madani (Mantikulore) dan SMAN Karuna dipa (Tatanga).

“Untuk tahapan seleksi kedua beberapa waktu lalu, siswa-siswi yang mendaftar kurang lebih sebanyak 400 an, kemudian dari seleksi tersebut berkurang menjadi 61 orang dan memasuki tahapan ketiga ini terseleksi sebanyak 135 orang,” ungkap Sarfan.

Dia menjelaskan, untuk menjadi pasukan Paskibraka sejatinya berjumlah 62 orang termasuk utusan Paskibraka Provinsi Sulteng baik  putra maupun putri dan hal tersebut tergantung kebutuhan Dispora Kota Palu.

“Ditahun ini kita membutuhkan sebanyak itu, karena tahun lalu sebanyak 66 orang pasukan dan hal itu bisa dipastikan kebutuhanya harus diatas 60an orang tidak bisa turun ataupun kurang dibawahnya,” bebernya lagi.

Dia berharap Tim seleksi (Timsel) Purna Paskibraka harus mempunyai perhatian khusus dan memilih yang terbaik dari ratusan peserta, dan tidaklah mudah menjadi pasukan pengibar bendera kemerdekaan, karena sebagian orang menganggapnya gampang akan tetapi didalamnya melalui tahapan wawancara kepribadian, test urine, fisik tentunya harus sehat lahir batin. BAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *