Sekretariat Gakumdu Provinsi Sulteng Diresmikan

oleh -
Anggota Bawaslu RI, Dr. Ratna Dewi Petalolo saat melakukan peresmian sekretariat Gakumdu di Palu, Selasa (18/8/2020). FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melengkapi fasilitasnya dalam penanganan segala bentuk tindak pidana Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dihadapi dalam pagelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 berupa gedung sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu).

Gedung sentra Gakkumdu Provinsi Sulteng diresmikan Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Petalolo. Peresmian itu juga dihadiri pihak Polda Sulteng diwakili Irwasda Kombes Pol. Ai Afriandi, SH, SIK, MM turut hadir dalam pelaksanaan peresmian gedung yang bertempat di Jalan Sungai Moutong Palu, Selasa (18/08/2020).

Irwasda Polda Sulteng Kombes Pol. Ai Afriandi dalam mebacakan sambutan Kapolda Sulteng mengatakan, pihaknya mengharapkan dengan diresmikannya gedung kantor sentra gakkumdu Provinsi Sulteng dapat meningkatkan kinerja seluruh personil sentra gakkumdu yang terdiri dari unsur Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan dalam proses menegakkan keadilan pemilu, berupa penanganan dugaan pelanggaran pidana pemilu.

Kapolda juga berharap dengan adanya kantor sentra gakkumdu, dapat memotivasi dan meningkatkan tugas dan pola kerja sama tiga instansi (bawaslu, kepolisian dan kejaksaan) dalam menegakkan hukum pidana pada pilkada 2020, sehingga melahirkan keadilan pemilu yan baik dan bermartabat.

“Semoga kantor sentra gakkumdu Provinsi Sulteng, mampu menjadi pusat informasi dan komunikasi pengawas pemilu dengan masyarakat secara luas,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, kiranya dapat menjadi media penyambung pengawas dengan masyarakat supaya melahirkan rasa keakraban dan kebersamaan dalam mengawal dan menyukseskan proses pelaksanaan pemilihan serentak kepala daerah tahun 2020 tingkat provinsi sulawesi tengah.

Kapolda pun berpesan kepada seluruh personel bawaslu, kepolisian, dan kejaksaan, agar tetap solid dan tidak mementingkan ego sektoral dalam menjalankan tugas sebagai tim sentra gakkumdu provinsi sulawesi tengah, sehingga dapat meminimalisir berbagai pelanggaran, untuk menunjukkan pesta demokrasi semakin berkualitas, berintegritas, dan profesionalitas.

Gedung sentra gakkumdu Provinsi Sulteng diresmikan Anggota Bawaslu Republik Indonesia asal Sulawesi Tengah Ratna Dewi Pettalolo yang juga dihadiri Ketua dan anggota Bawaslu provinsi Sulteng, Dirreskrimum Polda Sulteng dan unsur jajaran sentra gakkumdu dari Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu. ***

Sumber : Humas Polda Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *