Sekprov dan Walikota Palu Setuju di Tawaeli Ada Perguruan Tinggi

oleh -
Sekprov Sulteng Hidayat Lamakarate, Walikota Palu Drs. Hidayat, M.Si, Mantan Walikota Palu Rusdi Mastura serta panitia HUT 470 Tawaeli foto bersama usai kegiatan. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Keinginan mempunyai lembaga perguruan tinggi di Kecamatan Tawaeli yang telah lama didambakan masyarakat, akhirnya terungkap saat acara peringatan HUT ke-470 Kecamatan Tawaeli, Minggu malam (2/8/2020).

Kegiatan yang digagas Forum Komunikasi Peduli Tavaili (FKPT) itu, dihadiri sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala. Beberapa pejabat yang terlihat hadir diantaranya, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekda Prov) Dr. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si, Walikota Palu Drs. Hidayat, M.Si, serta pejabat OPD provinsi dan kota, Forkopicam, tokoh masyarakat dan adat Tawaeli serta mantan walikota H. Rusdi Mastura.

Menurut Ketua Panitia, Dr. Farid Yotolembah, M.Si dengan adanya perguruan tinggi di Tawaeli akan mendorong animo generasi muda Tawaeli melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi.

Kepala Badan Pendapatan Kota Palu itu mengatakan, banyak mahasiswa asal Pantai Barat dan Pantai Timur yang harus jauh berkuliah sampai ke Palu, padahal mereka punya keluarga di Tawaeli.

Menanggapi hal itu, Sekda Prov Sulteng Moh. Hidayat Lamakarate mengapresiasi keinginan dan semangat masyarakat Tawaeli yang tinggi guna memoles Sumber Daya Manusia (SDM) – nya.

Hidayat mengakui Ia bahwa Tawaeli adalah salah satu wilayah dengan potensi SDM yang telah banyak melahirkan birokrat publik, baik di provinsi maupun kabupaten/kota.

“Ada 11 asalnya dari Tawaeli,” ungkap sekda menyebut jumlah pejabat struktural provinsi dari kecamatan di paling utara Kota Palu itu.

Dengan mempertimbangkan KEK Palu yang ada di Tawaeli, maka Hidayat condong memilih lembaga pendidikan berbasis vokasi untuk didirikan supaya lulusannya dapat langsung diserap industri.

“Mari kita sama-sama benahi kecamatan kita dan wujudkan cita-cita itu, dengan memastikan lahirnya generasi baru untuk mengisi ruang-ruang pembangunan yang ditinggalkan orang tua kita,” dorongnya mengajak masyarakat.

“Semoga Tawaeli terus berkembang maju sebagai kecamatan terdepan di Sulawesi Tengah,” tambah sekda memberi harapan atas HUT Tawaeli ke-470.

Sementara Walikota Palu, Drs. Hidayat, M.Si dalam kesempatan itu, juga mengaku sangat setuju dengan usulan pembangunan perguruan tinggi di Tawaeli.

“Saya juga sangat setuju jika di Tawaeli ini, dibangun perguruan tinggi. Ayo kita siapkan lahannya, karena banyak yang mau bangun sekolah di Tawaeli ini,” katanya.

Walikota juga mengakui, banyaj pejabat struktural di Pemkot Palu berasal dari Tawaeli.

“Maskipun saat ini belum ada perguruan tinggi, namun banyak orang – orang Tawaeli yang jadi pejabat baik di provinsi ataupun di Pemkot Palu,” akuhnya.

Olehnya, Walikota mengaku sangat setuju dan mengapresiasi usulan pembangunan perguruan tinggi di Tawaeli.

“Ayo kita cari lahannya, kemudian kita wujudkan pembangunan perguruan tinggi di Tawaeli,” tandasnya.***

Sumber : Ro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *