Sekkab Tolitoli Instruksikan Tiap OPD Menyusun Daftar Informasi Publik

oleh -

Ket Foto : Drs. Mukaddis Syamsudin,MM

TOLITOLI, SULTENGNEWS.com – Untuk mengimplementasikan amanat Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Tolitoli, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu (PPIDP) yang telah dibentuk di tiap OPD, agar menyusun Daftar Informasi Publik (DIP) yang bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap Pengguna Inforamasi Publik.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekertariat daerah Kabupaten Tolitoli, Arham A. Jacub, SH selaku PPID Utama menjelaskan, penyusunan DIP oleh masing-masing PPIDP di setiap OPD itu berdasarkan instruksikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tolitoli, Mukaddis Syamsudin selaku atasan PPID melalui suratnya Nomor 489/08/I/HMS/2018 Tanggal 10 Januari 2018 tentang Perihal Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) sebagai bentuk tindak lanjut Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Bupati Tolitoli Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pedoman, Pengelolaan, Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolitoli.

“Daftar Informasi Publik yang harus disiapkan masing-masing PPIDP ditiap OPD, terdiri dari informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala. Informasi yang wajib diumumkan secara serta merta dan informasi yang wajib tersedia setiap saat. Selain itu, masing-masing OPD juga mempunyai informasi yang dikecualikan,” ujar Arham, Selasa (23/1/2018).

Dia mengatakan, untuk mengklarifikasikan jenis-jenis informasi pada tiap kriteria itu, akan dilakukan uji konsekwensi informasi yang akan dijadwalkan setelah DIP tersusun di masing-masing OPD termasuk di semua kantor Kecamatan se Kabupaten Tolitoli. PND

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *