Sekdaprov Membuka Sosialisasi Fungsional Pustakawan

oleh -

Keterangan Foto :

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekda) Sulteng Drs, Moh.Hidayat Lamakarate saat membuka sosialisasi jabatan fungsional jalur inpassing pustaka. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.com – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekda) Sulteng Drs, Moh.Hidayat Lamakarate mewakili Gubernur  membuka sosialisasi jabatan fungsional pustakawan jalur inpassing yang bertajuk tingkatkan kapasitas Pustakawan yang profesional guna mendukung kinerja Perpustakaan menuju Sulteng Maju, Mandiri dan Berdaya Saing.

Agenda tersebut berlangsung di Aula Badan Perpustakaan Provinsi Sulteng. Kamis (22/2). Dalam agenda itu Sekda didampingi Kepala Dinas Perpustakaan  Abdul Salam Mahtar serta dihadiri Pejabat Pustakawan Republik Indonesia (RI) Dra, Alfiah.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekda) Sulteng Drs, Moh.Hidayat Lamakarate berpose bersama dengan para peserta sosialisasi jabatan fungsional pustaka. FOTO : IST

Sementara itu Ketua Panitia Acara Sosialisasi jabatan fungsional pustakawan jalur Inpassing kita tingkatkan kapasitas Pustakawan yang propesional Dr, Rohani Martura, M.Si. menyampaikan acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong para pustakawan dapat lebih propesional dan berprestasi .

“Saya berharap agar para pustakawan dapat termotivasi dapat berinovasi dalam peningkatan kinerjanya dan juga diharapkan dapat tersedianya pustakawan yang handal dan profesional,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama Sekdaprov juga menyampaikan Apresiasi Gubernur terhadap kegiatan sosialisasi itu sebab sejalan reformasi birokrasi sesuai peraturan Menpan Reformasi Birokrasi (RB) Nomor 26 Tahun 2016 tentang pengangkatan ASN (Aparatur Sipil Negara) ke Jabatan fungsional melalui jalur Inpassing guna memenuhi kebutuhan organisasi.

“Selama ini image (penilaian) soal ASN semata-mata hanya mengejar jabatan struktural, bukan fungsional sehingga diharapkan ASN masih betah ditempatkan di Fungsional yang memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya dengan struktural,” ungkap Hidayat.

Lebih jauh ia mengharapkan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulteng agar dapat menata jabatan Fungsional dengan baik dimana tugas Pustakawan saat ini sangatlah berat mengajak minat baca masyarakat dapat meningkat.

Dirinya juga sangat prihatin mendengarkan belakangan ini kunjungan masyarakat ke Perpustakaan untuk membaca hanya mencapai 50 kali kunjungan dan hal itu memprihatinkan sehingga kedepan kita harus melakukan inovasi dan terobosan agar masyarakat meningkatkan minat membacanya.

Diakhir kesempatan Pemprov Sulteng tidak lama lagi akan melakukan terobosan berupa  himbauan kepada Sekolah agar menyedikan waktu tertentu membawa siswanya berkunjung ke Perpustakaan yang tujuannya menumbuhkan rasa mencintai buku  dan lebih meningkatkan minat bacanya termasuk ketersediaan Buku. BAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *